Radar Kendal

Ini yang Dilakukan 38 Pelajar Afghanistan di Ponpes Darul Amanah

NUR KHOLID MS
TAMPIL – Belasan perwakilan pelajaran Afghanistan ikut tunjukan performanya dalam tarian di pentas seni penyambutan kedatanganya di Ponpes Darul Amanah Sukorejo.

KENDAL – Puluhan pelajar dari Afghanistan berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Amanah Sukorejo, Sabtu (29/9) malam. Keberadaan mereka dibawa oleh Sekretariat Wakil Presiden dan Majelis Ulama Indonesia (mui). Penyambutan pelajar internasional tersebut dikemas dalam bentuk pentas seni.

Ketua Program Kegiatan Siswa Internasional Ponpes Darul Amanah Sukorejo, Moh Mufti Haris mengatakan, kedatangan pelajar Afghanistan ke Ponpes merupakan mandat dari Sekretariat Wakil Presiden dan Majelis Ulama Indonesia. “Ada 38 pelajar Afghanistan. Mereka di sini selama tiga bulan. Yakni akan belajar perdamaian di dalam Islam dan budaya Indonesia. Mereka akan mendapat pendampingan dari santri maupun guru,” katanya.

Moh Mufti Haris, mengungkapkan, pemilihan Ponpes Darul Amanah, merupakan amanat dari Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI. Mereka diharapkan bisa belajar tentang kehidupan keislaman di Indonesia yang moderat dan saling bertukar informasi serta pendapat dengan sesama generasi muda kedua negara.

“Kelak mereka bisa jadi pemuda yang membawa nilai-nilai dan semangat perdamaian di negaranya,” tandasnya.

Perwakilan Ponpes Darul Amanah, H Moh Fatwa, mengaku siap mengemban amanah yang diberikan oleh negara untuk membimbing pelajar Afghanistan. Mereka diharapkan menjadi generasi muda yang bisa membawa perdamaian di tempat asalnya. “Siap membimbing dan memberikan yang terbaik untuk pelajar Afghanistan,”katanya. (nur)

Facebook Comments