Radar Batang

Karya Desainer Muda Batang Dipamerkan di Batang Expo

NOVIA ROCHMAWATI
TAMPILKAN – Desainer muda Batang menampilkan rancangan busana mereka dari motif Batik Batangan pada malam pembukaan Batang Expo 2018, Jumat lalu.

BATANG – Gelaran rutin Batang Expo 2018 memang telah dibuka Jumat (28/9) lalu dan akan berlangsung hingga 2 Oktober mendatang, komplek Alun-alun Batang. Tak hanya aneka produk lokal dari UMKM saja yang dipamerkan, Batang Expo juga turut menggandeng desainer muda dari 15 Kecamatan yang ada di Batang untuk memamerkan karyanya.

Salah satunya lewat gelaran fashion show yang ditampilkan saat malam pembukaan lalu.
Peragaan busana itupun menyedot perhatian hadirin dalam pembukaan batang Expo 2018. Pasalnya batik-batik khas Batangan tersebut diolah menjadi aneka ragam busana. Mulai dari baju anak-anak, baju kantor, busana muslim, bahkan gaun pesta yang dibawakan model asli Batang dan perwakilan Duta Wisata.

Siapa sangka, rancangan baju itu dibuat hanya dalam hitungan hari saja. Baju-baju itu merupakan feedback dari pelatihan kewirausahaan yang dilakukan Bagian Perekonomian Setda Batang beberapa waktu lalu. Rancangan baju itu ditampilkan untuk mengapresiasi para desainer muda Batang sekaligus sebagai ajang untuk menunjukkan jika Batang punya desainer muda potensial.

“Ini bagian kerja sama kami dengan pemerintah, dalam hal ini Bagian Perekonomian Setda Batang. Kami ingin menunjukkan kalau Batang juga sebenarnya punya ahli fesyen. Dan bagaimana kemampuan fesyen itu bisa ditularkan ke generasi muda Batang. Karena generasi muda di Batang cukup potensial juga untuk digiring ke ranah fesyen,” terang Guru Tata Busana SMKN 1 Warungasem, Bejo Sulasih yang juga menjadi pembina para desainer muda tersebut.

Sementara itu, Kabag Perekenomian Setda Batang, Subiyanto SE MM menerangkan, pihaknya juga ingin mengangkat citra batik dan busana Batang. Bahawa Batang juga memiliki motif batik yang khas dan juga desainer yang tak kalah dengan daerah lainnya. Beberapa di antaranya pun meski berusia muda telah beberapa kali mengikuti fashion show tingkat nasional.

“Pekerjaan desainer ini tentunya sangat menjanjikan. Khususnya di zaman sekarang ini. Dan kami lihat potensi desainer muda Batang bagus sekali. Karena secara aset kami punya desainer muda, dan juga ada pula desainer profesional di Batang. Sehingga kalau ilmu yang dari profesional itu ditularkan ke yang muda, maka akan memunculkan desainer profesional baru dari Batang,” harap Subiyanto.

Batang Expo sendiri masih berlangsung hingga 2 Oktober mendatang. Dan tak hanya busana khas Batang, banyak produk UMKM dan aneka stan lainnya yang siap dipamerkan. Rencananya Batang Expo akan ditutup dengan penampilan Wali Band dan dengan rangkaian acara menarik lainnya. (nov)

Facebook Comments