Metro Pekalongan

Kunjungi Pekalongan, Prabowo Temui Perajin Batik

Prabowo ke Pekalongan

DIKERUBUTI – Calon Presiden nomer urut 2, Prabowo Subiyanto dikerubuti sejumlah warga untuk diajak foto dan bersalaman secara langsung saat kunjungan ke Kota Pekalongan.
TRIYONO

PEKALONGAN – Calon Presiden nomer urut 02, Prabowo Subianto, mengunjungi sentra batik Pekalongan, Minggu (30/9). Dalam kunjunganya Capres pasangan Sandiaga Uno diharapkan ibu ibu perajin batik jadi Presiden Republik Indonesia.

Seorang ibu pengrajin batik, Triyanti berharap, jika Prabowo terpilih menjadi presiden maka ketersediaan bahan baku dapat terjamin. Sehingga, produksi batik pun bisa semakin meningkat dan daya jual juga bisa semakin baik.

“Harapannya ya batik semakin maju, dan dapur semakin ngebul, jadi kalo Pak Prabowo Presiden kita warga kampung batik ini berharap agar Pak Prabowo lebih mempromosikan batik lagi dan supaya bahan bahan untuk membuat batik murah sehingga produksi juga lebih banyak,” ungkap Triyanti saat bertemu Prabowo di Kampung Batik Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Dalam kunjungannya di Kota Pekalongan, sekira pukul 10.00 wib, Prabowo menyempatkan diri untuk mengunjungi pengrajin batik di Kampung Kauman. Di kampung tersebut hampir sebagian besar adalah pengrajin batik rumahan atau home industry. Prabowo juga berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung proses pembuatan batik.

Prabowo menegaskan bahwa dirinya sangat mendukung produk UMKM dan industri kreatif masyarakat terutama dalam mengembangkan Batik yang merupakan warisan budaya leluhur bangsa. Sehingga, ekonomi masyarakat juga semakin baik dan kesejahteraan dapat tercipta.

“Saya sangat mendukung produk industri kreatif, dan saya terus mendukung pengembangan produk UMKM kita supaya ekonomi masyarakat juga ikut berkembang dan terus tumbuh,” tutur Prabowo.

Saat meninggalkan kampung Batik Kauman, Prabowo yang juga mengenakan baju batik berwarna coklat itu langsung diserbu oleh masyarakat sekitar. Tak sungkan, Capres yang diusung oleh Partai Gerindra, PKS, PAN, Partai Demokrat, dan Partai Berkarya itu menyalami satu persatu masyarakat yang berkumpul untuk melihatnya dari dekat.

Tak hanya itu, Prabowo yang telah duduk tenang dikendarannya terpaksa harus membuka pintu sepanjang gang saat menyusuri jalur keluar dari kampung kauman itu. Sebab, banyak warga yang membawa anaknya berteriak dan memanggil Prabowo untuk bersalaman.

Kunjungan selanjutnya, Prabowo menuju ke Galeri Batik Dian Pelangi. Dalam kesempatan itu, juga didampingi anggota Komisi VII DPR RI Jawa Tengah X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson yang disambut oleh masyarakat setempat. Tak kalah ketinggalan, kaum milenial juga ikut menyambut kedatangan Prabowo.

Disela sela kunjungan Prabowo melihat batik, salah seorang pemuda, Kholis Sabani menyatakan bahwa Prabowo harus menang dan jadi presiden.

“Kami dari milenial siap memenangkan prabowo dengan suara 60 persen,” ungkap Kholis Sabani saat didampingi teman- temangan dengan mengenàkan seragam batik asli Pekalongan.

Sementara Prabowo ketika ditemui sejumlah awak media menyatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan batik Pekalongan yang merupakan warisan leluhur.

“Iya saya sangat terkesan melihat inovasi kreativitas batik Pekalongan. Ini adalah warisan budaya kita, heritage nenek moyang kita. Saya kira kita harus berdayakan, harus kita dukung. Saya kira Pemerintah juga harus banyak mendukung, saya ingin kembangkan ini batik, karena banyak saran- saran dari mulai industri hulu, dari mulai sutranya dan benang. Sutranya sendiri harus kita kembangkan baru nilai tambahnya sangat bagus, kemudian motif batik ditambah karena banyak digemari dibanyak negara. Kita harus berpihak pada budaya kita sendiri dan anak -anak muda harus bangga pakai batik,” terangnya.

Usai ke Galeri Dian Pelangi yang ada di jalan Kalimantan, Prabowo bersama rombongan menuju ke Pasar Batik Grosir Setono. Di lokasi Prabowo juga disambut para pedagang hingga berjubel ingin bersalaman secara langsung.

Selain disambut pedagang, tampak pula anggota DPRD dan pengurus partai pengusung Partai Gerindra, PAN, Demokrat, PKS dan sejumlah relawan. Meski tak bisa berlama lama, Prabowo juga menyempatkan diri untuk menemui pedagang dengan masuk ke Grosir Setono.

Anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson usai mendampingi Capres Prabowo Subiyanto, kepada sejumlah awak media menyatakan tadi Pak Prabowo ke Pasar untuk mengetahui bagaimana realita perkembangan ekonomi sekarang ini.

“Untuk itu beliau (Prabowo) riset langsung dilapangan untuk memformulasikan kebijakan- kebijakan strategi ekonomi agar bisa mensejahterakan ekonomi rakyat khususnya rakyat kecil. Jadi inilah beliau yang konsen pada kepentingan rakyat, oleh karena itu langsung ke lapangan yang tak hanya mendengarkan laporan laporan baik dari tim atau staf. Jadi beliau (Prabowo) langsung komunikasi dengan rakyat juga komunikasi dengan teman wartawan di daerah yang dikunjungi tersebut,” terang anggota DPR RI Dapil X, meliputi Kabupaten/ Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang itu.

“Itulah kunjungan beliau (Prabowo), nanti juga untuk menyusun formula strategi untuk Pak Prabowo Subiyanto terpilih sebagai presiden dilantik pada Oktober 2019,” kata Bung Ramson yang diamini oleh sejumlah pedagang dan pengunjung Grosir Batik Setono. (yon)

Facebook Comments