Radar Kendal

Bisa Dongkrak PAD, Seluruh Obyek Wisata Butuh Perhatian Pemda

Camat Rowosari, A Purno Waluyo

Camat Rowosari, A Purno Waluyo

KENDAL – Banyaknya potensi wisata terutama pantai di wilayah kecamatan Rowosari haruslah dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dalam bentuk pajak.

Camat Rowosari, A Purno Waluyo, mengatakan bahwa seharusnya potensi wisata di Rowosari haruslah diperhatikan karena punya potensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapannya, ada perhatian dari Pemkab Kendal untuk setidaknya membangun insfrastruktur menuju lokasi wisata. Karena dengan kondisi jalan yang baik maka minat wisatawan akan meningkat, sehingga jumlah kunjungan naik dan pajakpun semakin naik jumlahnya,” ungkapnya.

Lanjut Purwo, efek keberadaan sebuah tempat wisata sangat banyak. Selain meningkatkan pajak juga mengangkat perekonomian masyarakat, karena dengan adanya lokasi wisata maka membuka peluang usaha. Artinya, semakin banyak pengunjung maka perputaran uang semakin banyak. Dia mencontohkan setidaknya yang berjualan di lokasi wisata adalah masyarakat sekitar.

“Banyak selama ini dijumpai penjual makanan di lokasi wisata ya masyarakat sekitar, sehingga sudah jelas sekali bahwa lokasi wisata meningkatkan perekonomian sekitar,” imbuhnya.

Purwo berharap pemerintah tidak tebang pilih. Meskipun objek wisata dikelola secara pribadi, harus tetap diperhatikan, salah satunya terkait dengan infrastruktur menuju lokasi wisata. Karena setiap lokasi wisata pemberdayaan masyarakatnya tidak sedikit. Apalagi penghasilan dari objek wisata dapat menambah pemasukan, terutama jika kondisi laut sedang tidak bersahabat. Karena sebagian besar adalah nelayan yang sangat mengandalkan hasil laut.

“Harapannya semua diperhatikan, baik itu yang dikelola Pemkab, swasta, maupun pribadi,” pungkasnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments