Radar Kendal

Ingat, Tiga Dokumen Masterplan Smart City Harus Dirampungkan

Ingat, Tiga Dokumen Masterplan Smart City Harus Dirampungkan

BINTEK – Kemenkominfo bekerjasama Pemkab Kendal menggelar bintek Gerakan Menuju 100 Smart City.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Bintek tahap III Gerakan Menuju 100 Smart City kembali digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal, kemarin, di ruang rapat Baperlitbang. Kegiatan itu menjadi penting untuk kepentingan penyusunan masterplan yang dipersyaratkan bagi 40 kabupaten/kota yang lolos seleksi assesment tahun ini.

Hadir Kepala Seksi Data dan Informasi Layanan Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Ivan Syahreza dan Pembimbing Smart City Kemenkominfo, Rini Rahmawati.

Ivan mengatakan, bintek tersebut merupakan tahapan yang harus dilaksanakan oleh daerah dalam penyusunan masterplan. Pasalnya, 50 kabupaten/kota yang lolos seleksi assesment tahun ini diminta menyelesaikan tiga buku yang menjadi output di setiap pelaksaan bintek, yakni buku Analisis Strategis Smart City Daerah, Masterplan Smart City Daerah, dan Executive Summary Masterplan Smart City Daerah.

Sementara untuk melihat seberapa jauh progress hasil pelaksanaan bintek, lanjut Ivan, kementeriannya bersama kementerian terkait akan mengadakan evaluasi pada bulan Desember. “Kepala daerah yang masuk dalam Gerakan 100 Smart City diwajibkan untuk mempresentasikan program unggulan dan program lainnya yang sudah tersusun dalam masterplan,” katanya.

Sementara Rini Rahmawati mengapresiasi peserta bintek yang notabene tim pelaksana, karena sangat proaktif di setiap sesie diskusi. Banyak pula usulan program-program untuk jangka panjang dan jangka menengah yang menurutnya dapat mendukung smart city di Kabupaten Kendal.
Sedangkan program-program yang sudah berjalan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat serta mempunyai nilai investasi, dapat diusulkan menjadi program unggulan yang nantinya menjadi bahan presentasi Kepala Daerah saat evaluasi di Kementerian Kominfo di Bulan Desember.

“Usulan program yang sudah berjalan seperti integrasi pelayanan publik, kegiatan yang mendorong kewirausahaan dan perekonomian, dan pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan dapat dikembangkan dengan inovasi dan pendayagunaan TIK sebagai pendukungnya,” katanya.

Kepala Diskominfo Kendal melalui Kabid Aplikasi Informatika, Ardhi Prasetyo mengatkan, usulan program-program hasil bintek, sebagaimana pedoman penyusunan masterplan akan dikelompokkan ke dalam roadmap pembangunan smart city daerah untuk jangka 5 tahun dan 10 tahun. Namun semua tetap tetap berpedoman pada arah kebijakan pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJP dan RPJMD.
“Dalam rangka mematangkan konsep masterplan dari Tim Pelaksana, nantinya untuk usulan program, visi, dan perumusan roadmap, akan dikonsultasikan dengan dewan Smart City sebelum dikirim ke pemerintah pusat,” tandasnya. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms

Facebook Comments