Radar Kajen

Istri Bupati Ini Ternyata Mahir Membatik

Istri Bupati Ini Ternyata Mahir Membatik

MEMBATIK – Istri Bupati Pekalongan, Munafah Asip Kholbihi saat menunjukkan kemahirannya dalam membatik, kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Hj Munafah Asip Kholbihi yang tak lain Istri Bupati Pekalongan, ternyata bisa membatik. Kemampuan membatik didapat saat ia masih dibangku SMP. Saat masih remaja, Munafah sering membantu orangtuanya dalam membatik.

“Waktu kecil dulu, saya sering bantu orang tua saya membatik. Jadi sedikit-sedikit masih ingat bagaimana membatik itu,” ujar Munafah saat mendampingi tim sahabat UMKM yang berkunjung di beberapa sentra perajin batik Kabupaten Pekalongan, kemarin.

Menurutnya, Kabupaten Pekalongan pantas disebut Legenda Batik Nusantara karena kabupaten ini dikenal sebagai daerah industri batik dan menjadi inspirasi bagi pengrajin batik di Indonesia.

“Kelebihan Kabupaten Pekalongan dibanding dengan kabupaten/kota lain yang saat ini juga merevitalisasi batik, adalah sumber daya alam dengan warna alamnya dan tenaga terampilnya yang ada,” terang Munafah yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan.

Lewat membatik ini juga dengan sendirinya telah mempertahankan dan memperkenalkan kebudayaan lokal. Dia berharap, dengan membatik nantinya dapat melahirkan rasa mencintai budaya dan produk lokal sebagai bentuk penghargaan yang esensial bagi keberlangsungan negara.

“Melalui batik, kita berusaha mempertahankan dan mengenalkan budaya lokal kepada generasi bangsa,” tandas Munafah. (yan)

Penulis: Muhammad Hadiyan

Facebook Comments