Radar Pendidikan

Marak Kebakaran, Anggota Pramuka Dilatih Padamkan Api

Marak Kebakaran, Anggota Pramuka Dilatih Padamkan Api

LATIHAN – Anggota Pramuka MAN Batang saat mengikuti pelatihan pemadaman dari Damkar Batang, Jumat (28/9) di MAN Batang.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Musim kemarau panjang menjadikan daerah di Batang rawan kebakaran. Dan akhir-akhir ini musibah kebakaran sudah beberapa kali terjadi dan bahkan menyebabkan korban jiwa. Oleh karenanya, Gerakan Pramuka MAN Batang bekerja sama dengan Kantor Induk Damkar Satpol PP Batang memberikan pelatihan pemadaman api, Jumat (28/9).

Perwakilan Kantor Induk Damkar Satpol PP Batang, Rudi dan Gintoro memberikan arahan kepada puluhan anggota pramuka ini. Khususnya terkait cara pemadaman kebakaran dan bagaimana cara mencegah dan menghindari terjadinya kebakaran.

“Saat ini sudah beberapa kali terjadi musibah kebakaran di Batang. Baru tadi pagi ada kejadian pula di Blado. Dan kebanyakan memang terjadi karena kelalaian manusia sendiri. Sehingga kami harap dengan sosialisasi ini para anggota pramuka ini dapat mengantisipasi bahaya kebakaran ini. Dan bisa membantu pemadaman api, jika terjadi kebakaran selagi menunggu petugas datang,” terang Rudi.

Tak hanya tentang cara pemadaman dasar, dalam sosialisasi ini juga turut diterangkan seputar benda-benda yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Seperti tabung gas, bensin dan lainnya.

“Kami imbau setelah ini mereka untuk lebih waspada. Utamanya ketika akan tidur atau akan meninggalkan rumah. Pastikan untuk selalu mengecek listrik, kompor gas dan lainnya,” pinta Rudi.

Pradana Putri MAN Batang, Nisa Setyaningsih menerangkan, pihaknya sangat senang atas materi yang diberikan petugas damkar. Menurutnya bagi sebagian anggota materi ini baru diketahui dan sangat bermanfaat. Utamanya dalam mengantisipasi musibah kebakaran.

Untuk memaksimalkan penyampaian materi panitia juga membuat miniatur rumah. Miniatur ini didesain untuk menjadi sasaran pemadaman api. Selain itu, para anggota pramuka, baik dari kelas 10 atau 11 juga aktif bertanya ke petugas damkar. Sehingga lebih banyak pengetahuan dan materi baru yang diperoleh.

“Alhamdulillah dari teman-teman tadi sangat antusias. Dan yang utama jika terjadi kebakaran jangan panik. Dan sesegera mungkin menyelamatkan diri dan mencari pertolongan. Dan kami harap setelah ini para anggota kami nantinya bisa mempraktekkan materi ini selepas sosialisasi. Terutama materi tentang mengatisipasi musibah kebakaran dengan selalu waspada dan berhati-hati,” tandas pradana yang baru-baru ini dilantik. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati

Facebook Comments