Radar Kajen

Polda Bentuk Satgas Black Campaign

Polda Bentuk Satgas Black Campaign

KETERANGAN PERS – Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat memberikan keterangan pers usai apel tiga pilar.
TRIYONO

KAJEN – Guna mengantisipasi timbulnya ujaran kebencian saat kampanye Pileg dan Pilpres 2019, Polda Jawa Tengah membentuk Satuan Tugas ‘Black Campaign’ atau kampanye hitam. Satgas Black Campaign juga untuk mendeteksi kabar Hoax atau bohong.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyatakan bahwa berbagai langkah dilakukan disaat memasuki musa Kampanye Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, termasuk menanggapi berita hoaks selama pemilu. Menurutnya, selama tujuh bulan kampanye yang paling ramai memang di ruang dunia maya, seperti media sosial. Polda Jateng, lanjut dia, sudah membentuk satuan tugas anti ‘black campaign’ atau kampanye hitam.

Satuan tugas ini akan melakukan patroli siber untuk mendeteksi ujaran-ujaran kebencian, sebab ujaran kebencian ini bisa memprovokasi masyarakat.

Pihaknya juga terus melakukan upaya preemtif, preventif, hingga represif atau upaya penegakan hukum. Jika itu pelanggaran pemilu, kata dia, akan diserahkan ke Bawaslu. Namun, jika itu masuk ITE maka akan diproses hukum.

“Kita juga harus bercermin kepada calon pemimpin kita. Para calon presiden dan wakil presiden selama ini menyejukan. Statemen-statemennya menyejukan, tidak ada persoalan. Ini supaya terus kita viralkan kegiatan seperti ini, kebersamaan-kebersamaan ini, supaya akar rumput tidak terbawa untuk berkonflik,” ujarnya.

Selain membentul Satgas, daerah tertentu seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan juga pengaman akan ditambah personil. Hal itu dilakukan supaya Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan sejuk.

“Kalau menyangkut konflik masih relatif aman di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Seperti diketahui, untuk mewujudkan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pileg – Pilpres) 2019 yang sejuk dan damai, digelar Apel Tiga Pilar. Apel dipimpin langsung Kapoda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono digelar di Lapangan Setda, belum lama ini.

Apel tiga pilar diikuti seluruh anggota Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa dan Lirah se Kabupaten Pekalongan. Kegiatan juga dihadiri Camat, Muspida, OPD, KPU, Panwaslu, Perwakilan Partai Politik dan lainnya. Dalam kesempata itu juga dibacakan deklarasi pemilu damai. (yon)

Penulis: Triyono

Facebook Comments