Radar Batang

Kapolda Instruksikan Siaga Kawal Liga

Apel 3 Pilar

JAWAB PERTANYAAN – Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, dikerubungi awak media usai memimpin apel tiga pilar di pendopo kabupaten, Rabu (26/9).
M DHIA THUFAIL

Klub Diminta Kontrol Suporter

Insiden pengeroyokan terhadap suporter sepakbola yang menewaskan Haringga Sirla warga Cengkareng, Jakarta Barat, yang merupakan suporter Persija atau The Jakmania mendapat perhatian khusus dari Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Terlebih, kejadian serupa juga terjadi di wilayah hukum Polda Jateng. Pada hari yang sama, satu di antara suporter The Jak Mania asal Kota Tegal, Rizqi Fadil (16), juga mengalami perlakuan serupa. Dia dikeroyok dan ditikam senjata tajam oleh suporter tim lain yang memakai atribut Viking (sebutan suporter Persib) di Perempatan Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal.

Oleh karena itu, dalam kunjungannya di Kabupaten Batang, Rabu (26/9) kemarin, Kapolda memerintahkan seluruh jajaran Polres untuk siaga dalam setiap gelaran pertandingan sepak bola. Terlebih, kini tengah berlangsung Liga 2.

“Kita sudah sampaikan kepada Kapolres yang berada di wilayah hukum Polda Jateng agar sebelum mulai pertandingan betul betul ada waktu untuk membrifing para suporter,” ujar Kapolda Jateng usai memimpin Apel tiga pilar di Pendopo Pemkab Batang.

Selain itu, ia juga berpesan kepada setiap klub sepak bola, baik yang akan melangsungkan pertandingan di Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 untuk bisa mengontrol para suporter suporternya. “Sehingga insiden yang ada di Bandung jangan sampai terjadi lagi, khususnya di wilayah hukum Polda Jateng,” katanya.

Terpisah, Kapolres Batang, AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, pihaknya kini tengah menyiapkan antisipasi keamanan jelang lanjutan pertandingan kompetisi Liga 2 Indonesia antara Persibat Batang melawan Persis Solo pada 29 September 2018, di Stadion Moch. Sarengat, Batang.

“Diperkirakan akan banyak pendukung Persis Solo yang bertolak ke Batang untuk mendukung kesebelasan kesayangannya. Namun, mereka akan mendapat pengawalan ketat dari polres Surakarta sampai ke Batang,” terangnya.

Informasi dari panitia pelaksana pertandingan antara Persibat vs Persis, sudah disiapkan seribu tiket untuk pendukung dari Solo. Ada kemungkinan, lanjut dia, pendukung yang berangkat ke Batang akan jauh lebih banyak dari itu.

“Namun yang pasti, kita all out untuk mengamankan pertandingan besok. Baik dari segi jumlah personil dan juga pola pengamanan. Dan sekarang kita sudah lakukan kegiatan dengan berkomunikasi dengan korlap korlap suporter, baik dari Persibat Batang dan Persis Solo untuk mengimbau mereka mengendalikankawan kawannya agar tertib,” pungkasnya. (fel)

Facebook Comments