Metro Pekalongan

Biar Tak Kesulitan Saat Terjun ke Masyarakat, Mahasiswa Dilatih Ini

Workshop MPD

LATIHAN KADER – Salah satu kegiatan dalam rangkaian Latihan Kader untuk calon penyuluh muda yang digelar HMJ BPI IAIN Pekalongan, beberapa waktu lalu.

PEKALONGAN – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) IAIN Pekalongan mengadakan Latihan Kader (LK) bagi calon penyuluh muda. Pelatihan dilaksanakan di Kalipaingan, Kajen, Kabupaten Pekalongan, belum lama ini.

Ketua Jurusan BPI, Maskhur MAg, yang membuka kegiatan tersebut, menjelaskan Latihan Kader merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan HMJ BPI IAIN Pekalongan, dengan sasaran mahasiswa baru jurusan BPI.

“Tahun ini LK mengusung tema ‘Membentuk Penyuluh Muda yang Easy Going’. Kegiatan diikuti 105 mahasiswa baru Jurusan BPI,” jelasnya.

Usai pembukaan, kegiatan langsung disambung dengan penyampaian materi-materi yang berkaitan dengan tema. Pada tahun ini ada empat materi yang disampaikan pada LK, yaitu materi tentang Keorganisasian, disampaikan oleh pemateri yang merupakan alumni Mahasiswa Jurusan BPI IAIN Pekalongan dan juga merupakan Domisioner HMJ BPI IAIN Pekalongan, Azmi Fauzy A.R S.Sos.

Penyampaian materi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara berorganisasi yang baik, bagaimana teknik-teknik organisasi yang baik, guna pengkaderan calon pengurus HMJ BPI untuk tahun kepengurusan selanjutnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi yang kedua oleh salah satu Dosen Jurusan BPI IAIN Pekalongan, Nadhifatuz Zulfa MPd, dengan tema “I’m Counselor I’m Ready”.

Materi ini berisi tentang siapa itu penyuluh dan bagaimana cara menjadi penyuluh yang ‘easy going’, penyuluh yang ahli dan kompeten, serta bagaimana cara menjadi penyuluh yang mudah berbaur dengan berbagai macam karakteristik klien.

“Pemberian materi ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa baru agar tidak kesulitan saat harus terjun ke masyarakat dan saat akan menghadapi berbagai karakteristik klien, dan juga agar klien mudah menaruh kepercayaannya terhadap kita sebagai seorang penyuluh,” paparnya.

Materi yang ketiga adalah materi tentang “Pembawaan diri”, yang disampaikan oleh Sentra Pelayanan Masyarakat Polres Pekalongan. Sedangkan materi yang terkhir yaitu materi “I See U” disampaikan oleh dosen IAIN Pekalongan, Nur Agustin SPsi MM. Materi ini berisi tentang bagaimana cara mengetahui karakteristik klien dilihat dari tingkah lakunya.

Tidak hanya penyampaian materi, dalam LK juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengakraban. Seperti pada malam Minggu diisi dengan kegiatan sarasehan, bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan HMJ.

Rangkaian kegiatan dalam LK diakhiri dengan upacara penutupan yang dilaksanakan di lapangan atas, dengan tidak meninggalkan unsur kekeluargaan. (way)

Facebook Comments