Radar Pendidikan

Sekolah Ini Ajak Siswanya Belajar Membuat Tempe

SD Muhammadiyah Ambokembang

MEMBUAT – Siswa SD Muhammadiyah Ambokembang diajarkan cara membuat tempe di sekolah.
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Dalam rangka mengisi Kegiatan Tengah Semester (KTS), SD Muhammadiyah Ambokembang memberikan pendidikan life skill kepada para siswa dengan pembuatan tempe. Pembekalan keterampilan tersebut dilaksanakan pada Rabu (26/9) dan diikuti oleh siswa kelas 5 dan kelas 6.

Kepala SD Muhamadiyah Ambokembang, Nasokha, menuturkan pendidikan life skill diperlukan sebagai bentuk upaya-upaya yang menjembatani antara siswa dengan kondisi serta realitas dalam kehidupan nyata. Kegiatan tersebut digelar untuk mewujudkan tujuan kurikulum di SD Muhammadiyah Ambokembang.

“Kegiatan ini merupakan pengenalan kecakapan hidup terhadap peserta didik untuk melakukan reorientasi terhadap kurikulum yang ada sekarang, sehingga benar-benar dapat merefleksikan nilai-nilai kehidupan nyata,” ujar Nasokha.

Selain mengajarkan keterampilan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membiasakan anak hidup sehat dengan mengkonsumsi tempe yang memiliki kandungan protein tinggi.

“Kami ingin anak-anak bisa suka mengonsumsi tempe. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menerapkan empat pilar pendidikan yakni learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together,” imbuhnya.

Lebih lanjut Nasokha menyebutkan, kegiatan pembuatan tempe ini dapat menjadi modal bagi siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi serta bermasyarakat. Nasokha berharap, siswa menjadi termotivasi untuk terus belajar banyak hal sebagai bekal menjalani kehidupan serta melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. (run)

Facebook Comments