Nasional

Tsunami di Palu, Tinggi Air di Pantai Palu Capai 1,5 Meter

Foto: Kantor Ditlantas Polda Sulteng di Pantai Talise/Jembatan Kuning, Palu. (Istimewa/detik.com)

Jakarta – BMKG menyatakan tsunami terjadi di pantai Palu, Sulawesi Tengah, dan Mamuju Sulawesi Barat. Ketinggian air di Palu mencapai 1,5 meter.

Ketua BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terlihat kenaikan air laut setinggi 6 cm di Mamuju. Selain itu, tsunami juga teramati di Palu. Air terpantau naik sekitar pukul 17.22 WIB.

“Kemudian juga terpantau dari saksi mata di lapangan, ketinggian 1,5 meter dari pengamatan lapangan pantai Palu,” ujar Dwikorita di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2018).

Dwikorita mengatakan setelah tsunami datang, terlihat air yang naik itu semakin surut. Peringatan dini tsunami pun dinyatakan berakhir pukul 17.36 WIB.

Disisi lain, detik-detik tsunami tersebut terekam dalam video yang kemudian viral.

Video yang tersebar luas di media sosial itu disebut direkam di Palu Grand Mall. Dari atas, terlihat air laut menerjang bangunan di pinggir laut.

Bangunan-bangunan itu tampak rusak. Kamera juga menyorot masjid yang rusak. Masjid yang tampak di video identik dengan Masjid Agung Darussalam Palu.

Di video itu, tampak baliho caleg DPRD Palu ikut diterjang tsunami. Suara warga yang panik terdengar di video.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono membenarkan video tsunami yang viral adalah benar terjadi di Palu. Konfirmasi itu didapat setelah video ditunjukkan ke BMKG Palu.

“Kami sudah confirm terjadi tsunami di Palu. Kami putar videonya, itu adalah tsunami yang terjadi di Palu, di dekat di pelabuhan,” kata Rahmat dalam video conference di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/9). (detikcom)

Facebook Comments