Radar Kajen

Hendak Jual Emas Hasil Curian, Maling Ini Ditangkap Polisi

Hendak Jual Emas Hasil Curian, Maling Ini Ditangkap Polisi

DIAMANKAN – Tersangka pembobol rumah diamankan saat hendak mau menjual barang hasil curian di Toko Emas Kedungwuni.
TRIYONO

KEDUNGWUNI – Seorang pembobol rumah kosong, Erwin Irawan (35) warga Desa Watusalam Gg 3 Kecamatan Buaran diringkus anggota Polsek Kedungwuni saat hendak menjual emas hasil curian milik Agustus (36) di Perum Puri Kedungwuni.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom membenarkan penangkapan itu. Kata dia, penangkapan itu berawal dari laporan Agustus yang menerangkan bahwa rumahnya dibobol pencuri pada Sabtu (22/9).

Diterangkan korban, sekira pukul 07.00 Wib ia bersama dengan istrinya, Maryanti berangkat kerja ke cucian Jeans di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo. Setelah sampai di lokasi ia menaruh tas punggung warna hitam yang didalamnya berisi diantaranya 2 kunci rumah di atas meja gosokkan.

Sekira pukul 14.00 Wib, korban dengan Maryanti pulang ke rumah untuk beristirahat. Namun sampai di rumah, pintu rumah terbuka. Mereka pun masuk dan kaget, karena burung murai disangkar miliknya sudah tidak ada.

Penasaran, Maryanti masuk kamar. Ternyata kamar pun dalam keadaan berantakan. Setelah dicek, barang-barang dalam kamar hilang. Barang yang hilang gelang seberat 9 gram berikut suratnya dari toko Mas Ikan, satu set gelang krincing jumlah 3 dengan berat total 23 gram berikut suratnya dari toko Mas Kuda, gelang kolong emas putih 24 gram berikut suratnya, dua cincin dengan berat 3 gram berikut suratnya dari toko Mas Kuda. Selain itu juga gelang tali bandul emas murni berat 3 gram berikut suratnya dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta.

Atas kejadian itu, korban melaporkan ke Polsek Kedungwuni. Atas laporan tersebut, polisi melakukan penyelidikan dengan melakukan olah TKP dan memeriksa beberapa saksi. Alhasil, polisi menemui titik terang saat mendapatkan seorang yang dicurigai hendak menjual emas.

“Selang beberapa hari sekira pukul 10.00 Wib anggota unit Reskrim Polsek Kedungwuni yang melakukan penyelidikan mendapatkan informasi bahwa tersangka yaitu Erwin hendak menjual gelang emas hasil kejahatan di toko Mas Kuda Kedungwuni. Mengetahui hal tersebut anggota langsung melakukan penangkapan sesaat sebelum pelaku menjual gelang emas hasil kejahatan,” terangnya seraya menjelaskan tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Erwin dihadapan penyidik nekad melakukan aksinya karena terbelit kebutuham hidup. “Saat mau jual emas ternyata sudah ditangkap anggota jadi belum sempat menikmati hasilnya. Rencana uang terssbut untuk kebutuhan,” ungkap. (yon)

Penulis: Triyono

Facebook Comments