Radar Kendal

Catat, Akbid Pemkab Kendal Segera Dibubarkan

Khabibah SSiT MKes

Khabibah SSiT MKes

KENDAL – Dalam waktu dekat, Akbid Pemkab Kendal akan segera dibubarkan. Hal tersebut menyusul diterbitkannya SK peralihan dari Akbid Pemkab Kendal menjadi Poltekes Negeri Semarang di bawah naungan Kemenkes RI.

Bahkan, semua PNS di Akbid Pemkab Kendal statusnya sudah menjadi PNS Kemenkes. “Berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan juga UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, maka Pemkab Kendal tidak diperbolehkan mengelola sekolah tinggi. Dalam hal ini, Akbid Kabupaten Kendal akan berubah menjadi perguruan tinggi negeri di bawah UPT Kemenkes, yakni Poltekes Semarang,” ungkap Direktur Akbid Pemkab Kendal, Khabibah SSiT Mkes, kemarin.

Selain itu, dasar lainnya yakni berdasarkan Permenristek Dikti nomor 76 tentang penggabungan sekolah tinggi pemerintah daerah bergabung dengan Kemenkes dan Kemenristek Dikti. Seluruh Indonesia ada 18 sekolah tinggi.

“Dalam waktu dekat, Akbid Kabupaten Kendal akan dibubarkan menjadi Poltekes Semarang Kampus Kendal. Hal tersebut berdasarkan UU nomor 12 tahun 2012,” imbuhnya.

Perubahan status itu menurut Khabibah justru semakin bagus karena di Kendal akan ada perguruan tinggi negeri (PTN) dan dapat menjadi ikon pendidikan baru. Bahkan rencananya setelah beralih menjadi Poltekes Semarang Kampus Kendal akan ada penambahan prodi seperti D3 Tranfusi Darah dan Bidan Profesi.

“Proses ini hanya tinggal menunggu waktu saja. Paling cepat bulan februari 2018 sudah dapat berubah menjadi Poltekes Semarang Kampus Kendal. Tapi benderanya bukan Pemkab lagi, melainkan sudah milik pusat,” imbuhnya.

Khabibah berharap, dengan peralihan tersebut akan semakin meningkatkan nilai pendidikan tinggi di Kendal, sehingga masyarakat untuk kuliah tidak perlu keluar kota. Bahkan, keberadaan PTN juga akan semakin meningkatkan geliat ekonomi di lingkungan kampus. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments