Metro Pekalongan

Jokowi Direncanakan Buka Pekan Batik Nusantara 2018

KOTA PEKALONGAN – Kembali Pemkot Pekalongan yang didukung penuh oleh masyarakat, menyelenggarakan Pekan Batik Nusantara 2018. Tujuanya untuk mempromosikan batik ke mancanegara dan meningkatkan pemasaran batik secara global, sekaligus memperingati hari Batik ke-9.

“Rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo, dengan dihadiri menteri perdagangan, beserta rombongan pejabat negara, provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia. Serta pejabat BUMN, swasta dan masyarakat pecinta batik,” ucap Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz kepada Radar.

Tidak hanya didukung masyarakat, Walikota mengatakan, kegiatan Pekan Batik Nusantara 2018 juga didukung Pemerintah Provinsi Jateng, kementerian-kementerian terkait. Oleh karena itu, diharapkan peran pemerintah kabupaten/kota, BUMN, BUMD, Swasta, perguruan tinggi, komunitas media sosial, produsen batik di Indonesia, UMKM, serta penggemar batik untuk mendukung guna bersama-sama meramaikan event tersebut.

Apalagi, sambung Walikota, Pekan Batik Nusantara 2018 merupakan event yang istimewa, dikarenakan telah menapak perjalanan Pekan Batik hingga penyelenggaraan tahun ke-10 atau satu dasawarsa penyelenggaraan.

“Sangat membanggakan Kota Pekalongan sudah dikenal sebagai kota destinasi batik dunia – The World City of Batik, dan telah memperoleh predikat anggota kreatif dunia UNESCO sejak 2014 kategori Craft dan Folk Arts,” bebernya.

Pekan Batik tahun ini, tutur Walikota, akan mempromosikan dan mempublikasikan ‘Pesona Batik Peranakan’ kepada masyarakat pecinta dan penggemar batik Indonesia baik dalam maupun luar negeri. “Kegiatan ini, sekalian sebagai ajang promosi dan pemasaran batik bagi daerah-daerah penghasil batik. Kami sebagai tuan rumah siap menyambut kedatangan tamu-tamu mancanegara dan masyarakat pecinta dan penggemar batik Indonesia,” tuturnya.

Walikota menambahkan, pihak panitia sudah merancang berbgai kegiatan untuk meramaikan event Pekan Batik Nusantara. Diantaranya pertama pameran nasional yang terdiri pameran wisata pekan batik nusantara, pameran rumah kreatif batik pekalongan ‘Pesona Batik Peranakan’, pameran foto satu dasawarsa pekan batik.

Kedua festival wisata kuliner nusantara, ketiga gala dinner dan lomba rancang busana motif batik peranakan, keempat workshop pengembangan motif batik peranakan, kelima simposium rembug batik nasional, keenam konfrensi pernyataan eksistensi batik peranakan wujud akulturasi budaya bangsa, ketujuh forum bisnis batik meningkatkan reseller batik di Mancanegara, kedelapan Pekalongan Batik Karnaval, kesembilan Instagram Batik Selfie Contest, kesepuluh lomba desain seragam motif batik peranakan, kesebelas jetayu Drone Videografi-Fotografi Competition, kedua belas Giant Batik Pekalongan Competition ‘Batik Peranakan’, yang terakhir gelar seni dan budaya. (dur/adv)

Facebook Comments