Radar Jateng

Jelang Persibat vs Persis, Polrestabes Semarang Siaga 1

Persibat Gagal Curi Poin di Manahan

DIKAWAL – Pemain Persibat Honi Makrufan dan Busari dikawal ketat oleh Pemain Persis Solo, saat bertandang di Stadion Managan Solo, Jumat (13/7).
DOK PERSIBAT

SEMARANG – Polrestabes Semarang menetapkan status siaga 1 pada hari Sabtu (29/9) mendatang. Pasalnya pada hari tersebut berlangsung lanjutan laga liga 2 antara tuan rumah Persibat Batang kontra Persis Solo yang berlangsung di stadion Sarengat Batang.

Meski laga tidak berlangsung di Kota Lunpia ini, namun diperkirakan ribuan suporter Persis Solo akan melewati Semarang untuk menuju ke Batang. Untuk mengamankan jalur perlintasan, kepolisian melakukan rapat koordinasi di ruang rupatama Polrestabes, Kamis (27/9).

Dalam kegiatan itu, seluruh kapolsek di wilayah hukum Polrestabes Semarang hadir. Dipimpin Kabagops dan didampingi Kasat Intel, mereka berkoordinasi merumuskan pengawalan.

“Bagaimanapun ada kenangan yang nggak enak antara suporter Persis dengan suporter PSIS, terlebih berkaca dari peristiwa di Bandung kemarin, kami tidak ingin hal-hal yang kurang kondusif terjadi,” jelas Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha.

Ia menambahkan dari pengalaman sebelumnya saat suporter Persis bertandang ke Kendal beberapa bulan lalu, ketegangan juga terjadi dengan warga di Mangkang dan Jatingaleh. Ia pun tidak ingin hal serupa terjadi.

“Kami sudah dapat informasi kalau di Batang disediakan seribu tiket untuk suporter Solo, saya yakin yang datang pasti akan lebih dari itu makanya kami siapkan beberapa simulasi pengalihan arus,” beber Iga.

Ia menyebut untuk suporter yang sudah terdaftar akan berangkat bersama dari Solo akan mendapatkan pengawalan melekat dari Brimob Polresta Surakarta. Meski demikian ia tetap meminta tiap anggota di satuan polsek di Semarang untuk juga berpatroli dan mengamankan jalur yang dilintasi suporter.

“Untuk yang berangkat dengan kendaraan roda empat atau lebih akan langsung masuk lewat tol, dan keluar Krapyak, namun yang sepeda motor rencana akan kami lewatkan Gunungpati dan Kendal,” bebernya.

Ia sendiri telah menugaskan perkuatan personil Brimob dan Sabhara masing-masing 100 orang untuk siaga di hari itu. Selain itu seluruh kekuatan polsek-polsek juga disiagakan.

“Yaa ada seribu polisi lah yang akan kami kerahkan untuk mengamankan suporter baik saat berangkat atau pulang, rencana karena pulang malam akan dilewatkan ke dalam kota,” bebernya. (rmoljateng)

Facebook Comments