Radar Kajen

Tiga Pilar Ini Merupakan Unsur Terdepan untuk Pembangunan Kesejahteraan

Tiga Pilar Ini Merupakan Unsur Terdepan untuk Pembangunan Kesejahteraan

DEKLARASI – Untuk mewujudkan Pileg – Pilpres 2019 yang sejuk dan damai, digelar Apel Tiga Pilar di Halaman Setda, Rabu (26/9).
TRIYONO

KAJEN – Untuk mewujudkan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pileg – Pilpres) 2019 yang sejuk dan damai, digelar Apel Tiga Pilar. Apel dipimpin langsung Kapoda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono di Lapangan Setda, Rabu (26/9).

Apel tiga pilar diikuti seluruh anggota Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten dan Kota Pekalongan. Kegiatan juga dihadiri Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, Kapolres Kota Pekalongan, AKBP Ferry Sandi Sitepu, Dandim 0710 Pekalongan Letkol M Rida, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti, Muspida. Kemudian Sekda Pemkab Pekalongan Mukaromah Syakoer, OPD, Camat, KPU, Panwaslu, Perwakilan Partai Politik dan lainnya. Dalam kesempatan itu juga dibacakan deklarasi pemilu damai oleh perwakilan Kades, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menyatakan bahwa dalam mewujudkan pemilu demokrasi aman, damai dan sejuk di Kabupaten dan Kota Pekalongan kali ini digelar apel tiga pilar. Untuk itu dirinya bersama Pangdam 4 Diponegoro ikut turun memotivasi para anggota yang ikut dalam pengamanan.

“Kami datang ke Kabupaten Kota untuk memberikan semangat tiga pilar, yaitu kepala desa atau Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas. Dimana tiga unsur ini merupakan unsur terdepan untuk pembangunan kesejahteraan, sehingga penguatan tiga pilar ini dapat soliditas dan sinergitas. Ini harus terus kita buatkan sehingga pembangunan di desa, persoalan di desa bisa kita antisipasi lebih awal,” terangnya.

Menurut Kapolda, tiga pilar ini nanti dalam masa masa kampanye pasti semua akan turun ke desa, yang akan memberikan pengamanan, pelayanan yang sama, adil dan merata. Kepada semua calon wakil rakyat, semua calon presiden dan wakil presiden seluruh Polda akan menggelar operasi mantap brata.

Untuk menyukseskan pemilu aman dan damai, Polda Jateng bersama Polda-Polda lainnya akan menggelar Operasi Mantap Brata. Polda Jateng juga menyiapkan 21.890 personelnya, dibantu 9 batalyon atau 9 ribu personel TNI, dan Linmas.

“Linmas ini lebih banyak lagi nanti di TPS-TPS. Pemilu kali ini punya kompleksitas yang khas, karena lima kartu suara akan dicoblos oleh pemilih. Kita juga berikan suport kepada KPU dan Bawaslu jika nanti ada persoalan-persoalan, kita semua pemerintah, TNI, Polri akan membantu menyelesaikannya,” lanjutnya.

Sementara Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fajri dalam arahannya mengharapkan sinergitas dan solitidas antara Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala desa atau Lurah sebagai garda terdepan. Dengan sinergitas tiga pilar maka akan tercipta pemilu damai dan seuk di wilayah Kabupaten/ Kota Pekalongan.

“Pastinya tiga unsur ini sangat diharapkan oleh masyarakat dalam menjaga kondusivitas lingkungan. Untuk itu kami berharap Netralitas TNI- Polri dan ASN dalam pemilihan umum 2019,” pintanya. (yon)

Penulis: Triyono

Facebook Comments