Radar Kajen

Alhamdulillah, 87 Disabilitas Dapat Bantuan Kambing

Alhamdulillah, 87 Disabilitas Dapat Bantuan Kambing

MENERIMA – Penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan menerima bantuan kambing dari Dinas Sosial, Rabu (26/9).
FAKHRUN NISA

Sebanyak 87 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan mendapatkan bantuan seekor kambing dari Dinas Sosial Jawa Tengah. Bantuan tersebut disalurkan melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Pekalongan pada Rabu (26/9). Bertempat di Pendopo Kecamatan Kedungwuni, kegiatan penyerahan kambing didahului dengan penandatanganan berita acara.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Tuna Sosial, Slamet Sutikno, menuturkan bahwa penerima bantuan kambing seharusnya berjumlah 90 orang. Tetapi tiga orang telah meninggal dunia sehingga hanya berjumlah 87 orang.

“Hari ini kami menyelenggarakan penyerahan bantuan Usaha Ekonomi Produktif bagi penyandang disabilitas, sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelayanan sosial keliling. Bantuan ini berasal dari Dinas Sosial Jawa Tengah dan disalurkan melalui Dinsos Kabupaten Pekalongan. Setiap orang mendapatkan satu ekor kambing,” ujarnya kepada Radar, Rabu (26/9).

Disebutkan, penerima bantuan kambing ini berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pekalongan, diantaranya Kedungwuni, Tirto, Wiradesa, Bojong, Kesesi, Doro, dan Karangdadap. Penyerahan bantuan dilakukan di Kecamatan Kedungwuni karena sebagian besar penerima bantuan ini adalah warga Kedungwuni.

“Di Kedungwuni ada sekitar 50 orang penyandang disabilitas yang menerima bantuan ini, sehingga penyerahan kami pusatkan di Kedungwuni. Karena di sini yang paling banyak, sedangkan dari kecamatan lain hanya sekitar tiga sampai lima,” imbuh Sutikno, sapaan akrabnya.

Melalui kegiatan ini, Sutikno berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan semangat dan dukungan bagi para penyandang disabilitas untuk bisa menolong dirinya sendiri. Bantuan yang diberikan bersifat stimulan sehingga Sutikno ingin para penyandang disabilitas bisa mandiri.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan kambing asal Gumawang Wiradesa, Sami’an, mengungkapkan rasa terima kasih karena telah diberikan bantuan seekor kambing. Sami’an menyebutkan bahwa pada tahun 2018 ini para penyandangan disabilitas baru mendapatkan bantuan dari pemerintah, sehingga ia merasa sangat bersyukur.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan terima kasih. Sebelum puasa kami mendapat bantuan berupa uang sebesar Rp 150.000, dan sekarang mendapat bantuan satu ekor kambing. Tahun-tahun sebelumnya belum pernah. Rencananya kambing ini akan saya pelihara dan ternak,” tandasnya. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa

Facebook Comments