Radar Batang

Catat Ini, Cyber Patrol Polri Akan Pantau Medsos

Catat Ini, Cyber Patrol Polri Akan Pantau Medsos

FOTO BERSAMA – Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, Bupati Wihaji foto bersama usai pelaksanaan apel tiga pilar, kemarin.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, Polres Batang menggelar apel tiga pilar yang diikuti oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Kades/Lurah se Kabupaten Batang. Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono yang memimpin langsung apel mengingatkan masyarakat untuk menjaga kondusivitas dan kedamaian, termasuk saat beraktivitas di media sosial.

Menurut Kapolda, pada gelar operasi “Mantap Brata 2019” pihaknya melibatkan sekitar 21.800 personel Polri dan kekuatan 9 batalyon TNI, serta linmas masing-masing kabupaten/kota pada pelaksanaan Pemilihan Umum 2019. Semua kegiatan Pemilu 2019 juga sudah dilakukan “metting” terhadap potensi-potensi kerawanan di masing-masing wilayah kabupaten/kota.

“Namun demikian, kami akan mengedepankan langkah-langkah pre-emtif dan preventif. Kita mendorong masyarakat untuk bisa menciptakan suasana damai dan sejuk dengan membuat kegiatan ‘cooling system’ seperti ikrar pemilu damai dan mengajak tokoh agama untuk melakukan kegiatan keagamaan,” terangnya.

Selain itu, Polri dan TNI akan bertindak tegas terhadap anggotanya maupun aparatur sipil negara (ASN) yang tidak netral pada pelaksanaan Pemilu 2019 yaitu, akan diberikan sanksi seperti administrasi, mutasi, kedisiplinan, dan kode etik. “Akan tetapi, jika terbukti melakukan pelanggaran undang-undang pemilu akan diproses oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” katanya.

Menurut Kapolda, saat ini wilayah Jawa Tengah masuk pada kategori aman, sehingga harus dijaga. Klasifikasi kerawanan dari tingkat pengamanan di wilayah Jateng, kata dia, yaitu dari faktor tingkat kesulitan letak geografis antara TPS yang satu dengan yang lainnya. “Adapun untuk konflik , alhamdulillah hingga sekarang masih bisa kondusif. Kita juga mengantisipasi adanya masalah hoax, politik uang, dan suku agama, ras, dan antargolongan (SARA),” katanya.

Ia menambahkan, Polri juga memiliki satuan tugas yang akan berpatroli pada dunia maya (Cyber Patrol) untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya ujaran kebencian pada masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari yang mengatakan bahwa seluruh unsur 3 Pilar harus Solid dan bersatu dalam menyelesaikan masalah yang ada didesa.

Selain itu, pihaknya berharap profesionalisme, TNI Polri dan Kades dalam mendukung Harkamtibmas serta menjaga Integritas diri masing – masing serta dapat menunjukan watak, karakter yang berwibawa dan dapat menjadi suri tauladan.

“Tiga pilar harus peka dan peduli terhadap permasalahan yang ada didesa dan tiga pilar akan menjadi sumber pertanyaan dan pencarian solusi dalam setiap masalah,” jelas Kasdam.

Terkait pelaksanaan Pesta Demokrasi Pilpres dan Pileg 2019, Kapolda Jateng dan Kasdam menyatakan Netralitas. Pihaknya juga berharap kepada segenap unsur Kades untuk bisa menjaga netralisme dalam Pemilu tersebut. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail

Facebook Comments