Radar Batang

KPU Batang Deklarasikan Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih

NOVIA ROCHMAWATI TANDA TANGANI – KPU menggandeng Perwakilan Forkopimda Batang, Bawaslu, Parpol, dan instansi terkait untuk mendeklarasikan kerja sama Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih, Rabu (26/9).

BATANG – KPU Batang bersama Forkopimda, Bawaslu, Perwakilan Parpol, dan instansi terkait mendeklarasikan Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih. Deklarasi digelar Rabu (26/9) di Hotel Sendang Sari Batang sekaligus dengan Sosialisasi Tahapan Kampanye Pileg 2019.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Batang, Umar Abdul Jabar, menyampaikan tentang rentang masa kampanye. Di mana parpol dan caleg sudah diperbolehkan melakukan kampanye hingga 13 April 2019 mendatang.

“Kampanye untuk Pileg 2019 mendatang sudah bisa dimulai sejak 23 September lalu. Tepatnya tiga hari setelah pengumuman DCT Pileg 2019 tanggal 20 September lalu. Baik parpol maupun caleg sudah diperkenankan untuk melakukan kampanye hingga 13 April 2019 mendatang,” terang Umar.

Namun KPU juga mengingatkan adanya pembatasan dalam pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), khususnya pemasangan baliho. KPU hanya memfasilitasi peserta pemilu tingkat kabupaten sejumlah 10 titik. Para peserta juga diperbolehkan memasang APK sendiri maksimal di lima titik pemasangan baliho dan sepuluh titik pemasangan spanduk.

“Salah satu perbedaan dengan pemilu sebelumnya adalah para peserta difasilitasi APK, kemudian ada iklan kampanye, dan terkait dengan debat. Hanya saja memang ada batasan-batasan beberapa jumlahnya yang sudah diatur sesuai dengan peraturan yang berlaku,” imbuh Umar.

KPU juga mentargetkan angka partisipasi pileg 2019 ini menembus angka 77.5 persen. KPU telah menyiapkan aneka inovasi dan program agar dapat menggaet partisipasi pemilih, khususnya memaksimalkan pemilih muda.

“Kami di awal Oktober ini kursus pemilu, dan memang targetnya lebih menyeluruh ke kalangan masyarakat. Karena untuk pemilu lima surat suara ini perlu sosialisasi yang mendalam. Agar masyarakat lebih paham perbedaan masing-masing surat suara. Terget bidikan utama kami memang kaum muda. Biar ke depan hasil Pileg 2019 ini lebih baik, karena idealisme mereka masih terjaga. Kami harap seperti itu,” tandas Umar. (nov)

Facebook Comments