Radar Kendal

Ingat Ini, Tertib Lalu Lintas Itu Sederhana

Ipda Imam S

Ipda Imam S

KENDAL – Unit Turjawali Satlantas Polres Kendal mempunyai tugas menjaga ketertiban lalu lintas, salah satunya dengan rutin menggelar razia kendaraan bermotor. Salah satu perwira polisi di Satlantas Polres Kendal yang rajin memimpin giat adalah Ipda Imam S. Menurutnya, selama ini ia menggelar razia kendaraan bermotor di wilayah Kendal secara dominan jenis pelanggaran tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK. Padahal menurutnya membawa SIM dan STNK adalah salah satu hal penting yang masuk dalam tertib berlalulintas.

“Tertib berlalu lintas itu sederhana, namun kenapa sulit dilakukan, ya karena sanksi bagi pelanggarnya masih belum membuat efek jera. Saya rasa tidak sulit untuk menyiapkan kelengkapan dokumen berkendara, tidak sulit pakai helm, tidak sulit pasang spion kanan kiri, dan tidak sulit menyalakan lampu saat siang hari. Semua itu juga akan kembali untuk kebaikan pengendara sepeda motor tersebut,” ungkapnya.

Imam menambahkan, tidak jarang dalam sebuah kegiatan razia pelanggarnya masih orang yang sama. Artinya, berkaitan dengan ketertiban lalu lintas itu soal kesadaran, bukan karena lupa. Jika pengendara mengeluh biaya pembuatan SIM mahal, menurutnya itu tidak masuk akal. Sebab jika dibandingkan dengan harga sepeda motornya masih kalah jauh.

“Kalau semua pengendara sadar akan pentingnya tertib berlalulintas, maka tidak akan ada alasan-alasan. Terlebih, syarat sesorang boleh mengendarai sepeda motor itu adalah memiliki SIM. Semestinya sebelum membeli sepeda motor alangkah baiknya membuat SIM terlebih dahulu,” ujarnya.

Lanjut Imam, sampai dengan saat ini tingkat pelanggaran di wilayah hukum Polres Kendal masih terbilang tinggi. Hal tersebut dilihat dari banyaknya surat tilang yang dikeluarkan Satlantas Polres Kendal setiap harinya.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments