Radar Batang

Kuota CPNS Melimpah, Anggaran Ditambah

Kuota CPNS Melimpah, Anggaran Ditambah

PERSETUJUAN BERSAMA – Bupati Batang Wihaji didampingi Ketua DPRD Kabupaten Batang menandatangani berita acara persetujuan bersama Raperda Perubahan APBD 2018.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Melimpahnya formasi CPNS di Kabupaten Batang, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya terutama terkait anggaran pembiayaan para calon abdi negara tersebut.

Hal itu terungkap saat Rapat Paripurna DPRD Batang dengan agenda Persetujuan Bersama Raperda APBD Perubahan (APBDP) Tahun 2018, Senin (24/9) malam. Sesuai hasil raperda yang telah disetujui itu, Pemkab Batang mendapat tambahan pendapatan APBD sekitar Rp 460 juta untuk persiapan penerimaan CPNS.

Ditemui usai sidang paripurna, Bupati Wihaji pun membenarkan. Dia mengatakan, hasil pembahasan dengan DPRD akhirnya menyepakati kenaikan pos Pendapatan Daertah pada APBDP 2018 menjadi Rp 1,698 triliun atau naik dari sebelumnya Rp Rp1,654 triliun. Kata Wihaji, penambahan itu dalam hal pemasukan dikarenakan pihaknya mempersiapkan ada penambahan CPNS. “Adanya penambahan CPNS dengan formasi 460 membuat pendapatan APBD bertambah sekitar Rp 460 juta,” ungkapnya.

Anggaran tersebut menurut Wihaji sudah disetujui oleh forum dalam rapat APBDp 2018. “Memang ada efisiensi, namun bukan dalam hal pemerimaan CPNS. Karena penerimaan sudah masuk dalam program, kami juga akan terus menggenjot terkait pendapatan tahun depan,” katanya.

Dari total Rp 460 juta untuk penerimaan CPNS, Pemkab hanya menambah separuh dari pembiayaan. “Anggaran penetapan Pemkab Rp 200 juta untuk pembiayaan penerimaan CPNS, namun dalam anggaran perubahan akhirnya muncul angka Rp 225 juta dari total pembiayaan yang dianggarkan pemerintah pusat, yaitu Rp 460 juta. Jadi, Pemkab hanya menambah separuh dari total pembiayaan penerimaan CPNS,” jelas Wihaji.

Penambahan anggaran APBD tersebut, kata dia, atas dasar rasionalisasi dan dewan pun menyetujui. Hal tersebut agar apa yang menjadi visi misi Pemkab Batang bisa terlaksana dengan baik. “DPRD juga memahami, sehingga program prioritas bisa terlaksana, ” jelasnya.

Perlu diketahui, Pemkab Batang mendapat kuota 460 formasi CPNS pada tahun 2018 ini. Jumlah formasi tersebut didominasi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

Adapun rincian formasi seleksi CPNS Kabupaten Batang meliputi, Eks Tenaga Honorer Kategori 2 sebanyak 21 formasi, Tenaga Guru sebanyak 294 formasi, Tenaga Kesehatan 139 formasi, dan Tenaga Teknis (Planologi dan sipil) sebanyak 6 formasi. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments