Radar Kendal

Palang Pintu Tak Kunjung Dibuka, eeh Ada Kereta Mogok

Kereta Mogok

TUNGGU PERBAIKAN – Sejumlah pengendara yang akan melewati perlintasan sebidang di jalan raya Sekopek Kaliwungu harus menunggu perbaikan KA Kaligung yang mogok, kemarin.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Kereta Api Kaligung dengan nomor loko CC 2018333 jurusan Semarang-Tegal yang berangkat dari Stasiun Poncol mogok saat melintas di perlintasan sebidang di jalan raya Sekopek Kaliwungu Kendal, Selasa (25/09) pagi. Insiden itu menyebabkan kemacetan panjang selama hampir satu jam.

Akibatnya membuat pengguna jalan menjadi terganggu dan kemacetan panjangpun terjadi. Mogoknya kereta api tersebut akibat kendala di mesin dan rem yang macet, usai diperbaiki kereta api kembali melanjutkan perjalanan.

Pantauan, kereta api Kaligung itu mogok hampir satu jam di tengah perlintasan sebidang. Hal itu membuat pengguna jalan terpaksa menunggu lama untuk bisa melintas. Kemacetan panjang pun terjadi di jalan raya terebut karena bersamaan dengan jam sekolah dan berangkat kerja. Tak sedikit pengguna motor terpaksa memutar arah dan mencari jalan alternatif sedangkan mobil terpaksa menunggu hingga perbaikan selesai.

Penjaga pintu perlintasan kereta api, Riski mengatakan, KA Kaligung biasa melintas pukul 06.55 WIB. Namun saat melewati perlintasan Sekopek tiba-tiba terhenti dan mogok. “Melintas pukul 06.55 WIB, tapi mogok akibat remnya macet. Cukup lama juga mogoknya hampir 45 menit,” katanya.

Mogoknya kereta api dikeluhkan Muhamad Anam, salah seorang pengguna jalan. Ia terlambat kerja karena harus menunggu perlintasan dibuka. “Biasanya memang pintu tertutup lama sekitar 5 menit, tapi ini kok lama hampir 15 menit tidak dibuka. Dan lagi ada kereta di tengah perlintasan berhenti, ternyata mogok,” katanya.

Kepala Humas PT KAI Daop IV, Suprapto, membenarkan adanya kerusakan mesin KA Kaligung jurusan Semarang-Tegal. “Benar ada kerusakan mesin di kereta api Kaligung di KM 1945 Kaliwungu, tapi tidak sampai menganggu perjalanan kereta api lainnya,” katanya.

Sejumla petugas PT KAI mengecek rem yang tidak berfungsi untuk diperbaiki agar ka bisa melanjutkan perjalanan. Setelah 45 menit mengalami mogok, kereta api Kaligung tersebut kembali melanjutkan perjalanan menuju Tegal. (nur)

Facebook Comments