Radar Batang

Pemohon SKCK Membludak, Polres Tambah Jam Layanan

Tambah Jam Pelayanan

ANTRE – Tampak para pemohon pembuatan dan perpanjangan SKCK di kantor pelayanan Polres Batang tengah mengantre, kemarin.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Batang, dalam waktu sepekan ini meningkat tajam. Hal itu menyusul dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kasat Intelkam Polres Batang, AKP Nur Cholis mengatakan, bahwa jumlah pemohon SKCK meningkat cukup signifikan dalam waktu sepekan terakhir. Di hari normal, kata dia, pemohon baru atau perpanjangan SKCK hanya 20-30 orang.

Namun, beberapa waktu belakang jumlahnya meningkat menjadi 80 hingga 100 lebih orang perhari. “Biasanya, sebelum ada pendaftaran CPNS rata-rata itu kita melayani 20-30 orang perhari. Jumlahnya meningkat dua kali lipat atau 50 persen sepanjang satu bulan belakangan,” katanya, Selasa (25/9).

Pemohon SKCK, lanjut AKP Nur Ckholis, kebanyakan memilih mengurus pada pagi hingga siang hari. “Mereka juga kebanyakan pekerja ya dan lulusan mahasiswa yang ingin urus SKCK untuk mendaftar CPNS,” jelas dia.

Ia menjelaskan, warga yang ingin membuat SKCK hanya perlu membawa rekomendasi dari Polsek setempat, surat identitas seperti KTP, pas foto 4×6 background merah sebanyak 3 lembar, dan kartu keluarga (KK). “Jumlah warga yang baru membuat dan perpanjangan cukup sama,” terangnya.

Ditambahkan AKP Nur Cholis, karena banyaknya pemohon yang ingin membuat dan memperpanjang SKCK, maka pelayanan kantor SKCK Polres Batang sampai menambah jam operasional hingga satu jam dari hari biasanya.

“Karena anemo masyarakat yang luar biasa untuk permohonan SKCK, maka kami tambah jam operasional hingga satu jam dari biasanya, cuman ini memang antrian sudah agak menurun dari hari kemarin,” pungkasnya.

Diprediksi permintaan pembuatan SKCK akan terus mengalami peningkatan hingga masa pendaftaran CPNS ditutup. (fel)

Facebook Comments