Radar Batang

Baru 10 Sertifikat Tanah yang Dibagikan

Sertifikat Tanah dibagikan

BAGIKAN SERTIFIKAT – Bupati Wihaji menyerahkan 10 sertifikat tanah kepada perwakilan 10 desa di Kabupaten Batang, Senin (24/9).
M DHIA THUFAIL

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batang hanya membagikan 10 sertifikat tanah kepada masyarakat di 10 Desa yang ada di Kabupaten Batang. Pembagian sertifikat itu bertepatan dengan peringatan Hari Agraria, Senin (24/9).

Adapun 10 desa yang menerima sertifikat tanah diantaranya, Menguneng, Banaran, Candiareng, Pasekaran, Denasri Kulon, Donorejo, Watesalit, Kemiri Barat, Tanjungsari dan Clapar.

Bupati Batang, Wihaji, mengatakan bahwa hal itu sebagai upaya dalam membantu percepatan penerbitan sertifikat. Pasalnya, di Kabupaten Batang sendiri ditargetkan akan diterbitkan 44 ribu sertifikat tanah pada 44 desa.

Yang mana percepatan itu telah diatur dalam instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018 mengenai percepatan pendaftaran tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Persoalan pertanahan menjadi persoalan yang sederhana, akan tetapi juga menjadi persoalan panjang, karena kadang bisa berimplikasi dengan masalah hukum dan juga berimplikasi masalah sosial. Oleh karena itu, harapan saya dengan adanya perubahan zaman, maka transparansi dan integritas sekarang menjadi kebutuhan,” terang Wihaji.

Dia juga berharap sinergi dan kerjsama Pemkab dengan BPN bisa terus dijaga keberlanjutannya. “Yang terpenting adalah melayani dengan baik seluruh masyarakat Kabupaten Batang dalam pengurusan maupun hal-hal yang berkaitan dengan pertanahan, sertifikat dan sebagainya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Wihaji. (fel)

Facebook Comments