Radar Batang

Prestisius, Mahasiswa Undip Asal Batang Sabet Medali Emas di Cina

Medali Emas di Cina

JUARA – Mahasiswa Undip asal Batang bersama timnya berhasil meraih medali emas dalam IEI & WIIF di Cina, baru-baru ini.

Ciptakan Teknoligi Penawar Air Laut

Prestasi membanggakan tingkat internasional kembali dipersembahkan pemudi asal Batang, Inayah Mumpuni Budiati. Bersama timnya, Mahasiswa Fisika Undip itu berhasil meraih medali emas dalam The 10th International Exhibition of Inventions and The 3rd World Invention and Innovation Forum di Gedung Guangdong International Convention and Exhibition Center, Kota Foshan, Provinsi Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok, 13-15 September lalu.

Tim yang diketuai oleh Inayah itu terdiri dari gabungan beberapa mahasiswa FSM Undip, yakni Ragil Adi Nugroho dan Mohammad Wahyu Andriyan dari departemen Fisika, serta Ferisa Lestari Nugrahayu dan Aniswatul Khasanah dari Departemen Biologi. Mereka membuat teknologi mist maker untuk mempercepat produksi air tawar dari air laut, serta penggunaan Ag doped ZnO untuk meningkatkan kualitas air yang dihasilkan.

“Sebelumnya kami mengikuti seleksi terlebih dulu, dan setelah terpilih kami berangkat ke Cina untuk mempresentasikan alat buatan kami. Alhamdulillah mendapatkan apresiasi medali emas dan mendapatkan special award dari Thailand,” terang mahasiswi asal Tombo Bandar ini.

Prototype kaca itu dipamerkan di hadapan perwakilan forum penemu internasional (IFIA) dan para pengunjung dari beragam universitas dan lembaga-lembaga internasional dari berbagai negara. Presentasi tim UNDIP di hadapan para juri menuai pujian, karena efektivitas alat untuk menghasilkan air tawar dan garam dari air laut dalam waktu yang bersamaan dan desain alat yang menggunakan panel surya sebagai suplai energi utama. Keramahan lingkungannya, inovasi Ag doped ZnO nya serta keefektifannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para ilmuwan yang berkunjung.

“Semoga prestasi putra putri UNDIP ini mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi teman-teman UNDIP yang lain. Saya harap prestasi ini juga dapat memotivasi mahasiswa dan pemuda Batang untuk lebih percaya diri dan mengembangkan diri. Tidak usah minder tapi sebisa mungkin tunjukkan karya dan usaha terbaik kita,” tandas anak ke 2 dari bapak Dianto itu. (Nov)

Facebook Comments