Radar Pendidikan

Mahasiswa Rayakan Demokrasi Kampus

Mahasiswa Rayakan Demokrasi Kampus

MENCOBLOS – Mahasiswa Unikal sedang menentukan pilihan di tempat pemungutan suara.
MALEKHA

*Pemilihan PresBEM, WapresBEM serta Ketua Senat

KOTA PEKALONGAN – Tak seperti permasalahan organisasi pada umumnya, pemilu raya Unikal yang puncak acara pada pemilihan paslon, jatuh pada Senin (24/9) di lobi setiap gedung, tidak mengalami kesulitan berarti dalam menjaring tingkat partisipasi mahasiswa untuk ikut aktif didalam pesta demokrasi kampus.

Bahkan menurut Wakil Rektor, Dr Ir Benny Diah Madusari MPi, para mahasiswa justru sangat antusias dalam mengikuti pemilu raya, mulai dari tahap pemilihan KPR, paslon, sosialisasi hingga acara debat paslon yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kalau saya lihat para mahasiswa ini sangat antusias, tidak cuek saja begitu. Hal ini bisa saya simpulkan setelah melewati berbagai macam proses, termasuk acara debat kemarin yang benar-benar seru dari ke 2 kubu. Jadi memang mahasiswa yang lain ikut aktif dengan pemira ini dan memperhatikan,” ungkap Benny, sapaan akrabnya.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini, menurutnya sekaligus menjadi pelajaran berharga bagi para mahasiswa yang tidak didapat dibangku perkuliahan. Karena ditempat inilah mereka mampu mengasah soft skill yang kelak berguna bagi masa depan mereka.

“Ditempat ini, para mahasiswa akan dilatih mengembangkan soft skillnya. Menemukan potensi-potensi baru mereka serta mengajarkan bagaimana menjalankan demokrasi secara sehat,” imbuhnya.

Karena prosesi yang dilakukan hampir sama dengan pesta demokrasi yang sesungguhnya, para mahasiswa memang secara langsung diberikan edukasi tentang bagaiamana seharusnya pelaksanaan demokrasi secara sehat, sehingga mereka bisa ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaiaman berdemokrasii sehat.

“Saya berharap, siapapun nanti yang menang. Mereka adalah putra putri terbaik Unikal dan mampu memimpin kegiatan organisasai mahasiswa di kampus, bersama-sama memajukan kampus dibidang soft skilll terutama, karena ini adalah tempat calon-calon pemimpin negeri,” pungkas Benny. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments