Radar Kajen

Tak Ajukan Caleg, Dua Parpol Ini Tak Laporkan Dana Kampanye

M Ahsin Hana

M Ahsin Hana

KAJEN – Sejumlah Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Pekalongan diwajibkan melaporkan dana kampanye sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019. Jika ada Parpol yang tak melaporkan dana kampanye maka bisa dicoret dari peserta pemilu.

Hal itu dibenarkan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan, M Ahsin Hana, ketika ditemui di Kantornya, Senin (24/9). Kata dia, seluruh peserta pemilu diwajibkan untuk menyampaikan Laporan Asal Dana Kampanye (LADK) sebelum masa kampanye dimulai. Sampai Senin (24/9), dari 16 partai tingkat nasional hanya 14 yang menyampaikan laporan dari awal dana kampanye.

“Untuk dua partai sampai tadi malam pukul 18.00 dan sampai saat ini tidak menyampaikan dana kampanye. Dua partai yang tidak menyampaikan yaitu Partai Garuda dan PKPI. Sedangkan dari 14 partai yang menyampaikan ada 4 partai yang sudah sesuai form dan pelaporannya. Kemudian masih ada 10 partai yang ada sedikit perbaikan ketika memasukkan form yang disebut dengan yang ada perbaikan sehingga kami kami tunggu sampai tanggal 27 September untuk perbaikan,” terangnya.

Atas kondisi itu, dua partai yang tidak melaporkan akan dikenakan sanksi, seperti tidak menjadi peserta pemilu 2019. Untuk itu, pihaknya masih menunggu keputusan KPU RI.

“Kalau memang tidak menyampaikan maka dua partai tersebut bisa dicoret dari kepesertaan Pamilu. Namun hanya di Kabupaten Pekalongan saja, akantapi kalau di daerah atau wilayah lain menyampaikan maka masih bisa mengikuti di wilayah tersebut. Dan pada dasarnya kami sudah menyampaikan pada KPU pusat, bagaimana langkah kami dari kedua partai ini apakah nanti di surat suara di kosongkan atau bagaiman dan kami masih menunggu petunjuk,” lanjutnya.

Kebetulan, lanjut dia, untuk dua Partai Politik yang belum manyampaikan dana kampanye tidak memiliki keterwakilan sebagai Calon Legiskatif di Kabupate Pekalongan.

Kemudian untuk parpol yang sudah menyampaikan dana kampanye, nantinya apabila semua masuk dari yang pertama dan perbaikan ini, maka akan diumumkan pada pulik tanggal 28 September 2018 kepada masyarakat. Dengan begitu maka masyarakat akan mengetahui berapa dana kampanye partai. Karena dana kampanye bagi partai ini merupakan hal yang krusial sehingga penyampaian dana kampanye kepada masyarakat harus akuntabel dan transparan. (yon)

Facebook Comments