Radar Kendal

Sekcam dan Trantib jadi Garda Depan Pengawasan Pemilu

Sosialisasi Bawaslu Kendal

SOSIALISASI – Bawaslu Kendal sosialisasi Pengawasan Kepada Perangkat Kecamatan. Mereka mengajak Sekcam dan Kasie Trantib untuk menjadi pengawas garda depan Pemilu.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Pengawasan untuk mencapai Pemilu bersih berintegritas tidak bisa dibebankan pada lembaga Bawaslu. Keterlibatan masyarakat juga sangat dibutuhkan, Yakni dengan cara menjadi pengawas partisipatif.

“ASN, Sekcam dan Trantib yang hadir sini adalah bagian obyek pengawasan. Maka kami sosialisasikan aturannya. Sekaligus sebagai masyarakat pengawas Pemilu,” sambut Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani, dalam Sosialisasi Pengawasan Kepada Perangkat Kecamatan, di Hotel Saeinn, Senin, (24/9).

Lebih lanjut, Odilia juga mengatakan bahwa lembaganya terbuka untuk diawasi. “Peserta sosialiasi ini atau masyarakat umum juga bisa mengawasi kinerja kami sebagai penyelenggara,” terang dia.

Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin, yang hadir sebagai pembicara, menyampaikan bahwa Sekcam dan Trantib punya peran penting dalam suksesnya Pemilu. “Jadi, Sekcam dan Trantib di sini adalah garda terdepan pengawasan partisipatif Pemilu. Khususnya mengawasi obyek pengawasan pada tingkat kecamatan. Mari kita cegah pelanggaran dan laporkan jika diduga ada yang melanggar,” katanya.

Arief menuturkan, peran pengawas partisipatif tertera dalam UU Pemilu tahun 2017. Khususnya pada Pasal 102 termaktub bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota bertugas meningkatkan partisipasi masyarakat mengawasi Pemilu.

Sementara itu, Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kendal, Wahidin Said menyampaikan, saat ini Pemilu sudah memasuki awal kampanye. “Per hari ini sudah hari kedua masa kampanye Pemilu. Juga tahap penyempurnaan DPT berjalan terus. Maka, kita di sini tidak hanya mengajak mengawasi kampanye, juga memberi masukan untuk DPT. Karena DPT atau hak pilih ini hak jadi harus diberikan,” katanya. (nur)

Facebook Comments