Radar Kajen

Perjuangkan Pembangunan Irigasi Kecamatan Sragi-Siwalan

Perjuangkan Pembangunan Irigasi Kecamatan Sragi-Siwalan

PERJUANGKAN – Anggota Komisi VII DPR RI Jawa Tengah X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson usai memberikan laporan progres rencana pembangunan saluran irigasi dihadapan sejumlah petani dan para Kades di Desa Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan.
TRIYONO

*Untuk Pengairan Area Pertanian Seluas 1.200 Hektar

KAJEN – Selama musim kemarau, area pertanian seluas 1.200 hektare di wilayah Pantura Kabupaten Pekalongan mengalami kesulitan air bersih. Akibatnya produktivitas padi menurun.

Guna meningkatkan produktivitas padi, anggota Komisi VII DPR RI Jawa Tengah X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson berusaha untuk memperjuangkan infrakstruktur saluran irigasi menghubungkam area pertanian Kecamatan Sragi dan Siwalan.

Adapun desa yang langganan kesulitan air mengaliri area pertanian ketika musim kemarau ada 13 desa di wilayah Sragi dan Siwalan. Diantaranya Desa Tengeng Wetan, Tengeng Kulon, Desa Rembun, Desa Yosorejo, Desa Depok, Desa Blacanan, Desa Tunjungsari, Desa Pait dan lainnya.

Kesulitan air selain selain dikarenakan debit air turun, juga disebabkan saluran irigasi yang pada bocor sehingga air tidak sampai ke sawah petani.

Kepala Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Hadi Suwitno, dalam silaturahmi dengan anggota DPR RI Bung Ramson di Balai Desa Tengeng Wetan, Kecamatan Siwalan, mengatakan di Desa Depok terdapat lahan persawahan seluas 200 hektar yang menggantungkan pasokan airnya dari saluran irigasi dari wilayah atas. Sementara kondisi saluran irigasi tidak baik. Makanya saat musim kemarau petani kesulitan untuk mengaliri lahan sawahnya. Akibatnya, produktivitas padi saat panen menurun.

“Kami sangat berharap sekali saluran irigasi di Sragi hingga Siwalan dibangun. Ini sangat membantu petani pada saat kemarau seperti saat ini. Sebab, aliran air ke desa kami sangat sulit. Musim kemarau seperti ini tidak dapat air. Petani tetap tanam padi, tapi hasilnya tidak maksimal,” terang dia.

Atas kepedulian anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra, Bung Ramson, memperjuangkan aspirasi petani, dalam waktu dekat ini akan ada realisasi.

Sementara Kepala Desa Tengeng Wetan, Nursalim, menyatakan bahwa kedatangan anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Bung Ramson, kali ini memberikan laporan bahwa aspirasi petani yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya, saat ini sudah dalam tahap desain oleh konsultan.

“Mudah mudahan dengan perjuangan Bung Ramson ini akan memberikan berkah bagi kita semua, dan pastinya air akan sampai hingga ujung. Sehingga produktivitas pertanian juga semakin membaik,” ungkapnya.

Sementara anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra, Jateng X, Bung Ramson menyatakan bahwa kehadiranya ke Balai Desa Tengeng Wetan, Kecamatan Siwalan guna menindaklanjuti aduan para kepala desa di Kecamatan Siwalan dan Sragi. Politikus Partai Gerindra itu terus mendesak Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan pembangunan irigasi yang menghubungkan dua kecamatan tersebut. Menurutnya, setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, progres usulannya tentang pembangunan saluran irigasi untuk mengaliri sawah seluas 1.200 hektar di Siwalan dan Sragi mulai ada titik terang.

“Ini mulai diajukan April 2018 kemarin. Kemudian kemarin saya dapat laporan dari Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Direktur Irigasi saat ini progresnya masih proses penentuan konsultan untuk mendesain proyek irigasi tersebut. Selesai desain dibuat konsultan, pada kuartal ketiga mulai pembangunan fisik. Ini usulan dari Kades Tengeng Wetan, Boyoteluk, Depok, Tengeng Kulon, Rembun, Yosorejo, Blacanan, dan sejumlah kades lainnya,” kata wakil rakyat Daerah Pilihan Kabupaten/ Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang itu.

Diakui anggota Komisi VII DPR RI, bahwa agenda silaturahmi ke Desa Tengeng Wetan, Kecamatan Siwakan itu sebenarnya memberikan santunan untuk anak yatim piatu di tiga kecamatan di Kabupaten Pekalongan, yakni Kecamatan Siwalan, Tirto, dan Karanganyar. Namun, saat di Kecamatan Siwalan didatangi oleh para petani, sehingga dijadikan juga sebagai laporan atas progres usulan pembangunan saluran irigasi di Kecamatan Sragi dan Siwalan.

“Kedatangan saya tak hanya disambut oleh sejumlah kepala desa saja dan ternyata di lokasi sudah ada petani, tokoh masyarakat dan juga ibu ibu. Untuk itu kami senang dan membuat saya tambah semangat dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, sehingga masyarakat semakin sejahtera terutama para petani yang ada di Siwalan dan Sragi ini,” imbuhnya.

Selain memperjuangkan saluran irigasi, anggota Komisi VII DPR RI yang gemar blusukan ke desa desa itu di bidang pertanian juga telah menyalurkan bantuan berupa mesin pompa air dan traktor. Kemudian dalam peningkatan Sumberdaya manusia, sebelumnya juga ada pelatihan teknologi budidaya jahe merah, budi daya bagi petani kopi, adapula pelatihan keripik pisang.

“Dalam minggu ini juga akan ada pelatihan Budidaya Padi Unggul bagi petani Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan. Kami harapkan dengan pelatihan akan menambah inovasi petani dalam meningkatkan produktivitas padi, sehingga pasokan pangan tetap aman tanpa adanya impor beras. Kemudian yang paling utama adalah kesejahteraan petani makin meningkat,” harap anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Bung Ramson yang juga sebagai Calon Legislatif DPR RI Partai Gerindra nomor urut 1 Dapil X, meliputi Kabupaten/ Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang.(yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments