Radar Batang

Waspadai Hoax, Kawal Pemilu Damai

Pemilu Damai Batang

DEKLARASI – KPU Kabupaten Batang dan Polres Batang menggelar acara deklarasi Pemilu Damai di Alun Alun Batang, Minggu (23/9).
M DHIA THUFAIL

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang dan POlres Batang, Jawa Tengah, meminta masyarakat untuk mengawal pemilu damai. Segala hal yang bisa menciderai kondusivitas wilayah karenanya harus diwaspadai, seperti penyebaran hoax hingga ujaran kebencian.

Ajakan tersebut disampaikan KPU dan Polres Batang saat Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan berbarengan dengan peringatan HUT Ke-63 Polisi Lalu Lintas di Alun Alun Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (23/9).

Saat ditemui di sela acara, Ketua KPU Batang, Adi Pranoto mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk mengawali masa kampanye Pemilu 2019 yang berlangsung sejak tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Dalam kesempatan itu, kata dia, pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut serta menciptakan suasana damai, aman, sejuk, dan bermartabat selama masa kampanye Pemilu 2019.

“Pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang merupakan pemilu baru, dan konstestanya banyak, karena bersamaan dengan Pemilihan Legislatif dan Presiden,” ujar Adi.

Selama ini, kata dia, Kabupaten Batang sudah menjadi contoh pelaksanaan pemilihan kepala daerah, pemilihan gubernur, dan pemilu anggota legislatif bisa berjalan aman dan kondusif sehingga hal itu harus dipertahankan.

“Jadikan Batang damai dan kondusif dalam setiap gelaran pemilu. Pengalaman Pemilu yang lalu di Kabupaten Batang berjalan dengan baik, tentunya hal ini atas dukungan dan kerjasama stakeholder yang mampu menciptakan pemilu damai di Kabupaten Batang,” pesan Adi.

Terkait dengan pelaksanaan kampanye, lanjut dia, KPU mendorong masing-masing partai politik untuk bersosialisasi dengan memasang alat peraga kampanye, rapat terbatas atau dialogis, dan sebagainya. “Partai politik dan calon legislatornya kita persilakan untuk melakukan berbagai kreativitas dalam berkampanye,” terangnya.

Kapolres Batang AKBP, Edi Suranta Sinulingga, mengatakan bahwa kegiatan deklarasi tersebut sebagai upaya menciptakan situasi yang kondusif pada masyarakat menjelang Pemilu 2019. “Mari kita jaga bersama situasi daerah tetap kondusif agar pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung aman dan lancar,” katanya.

Kapolres mengimbau kepada semua pihak untuk tidak memberikan berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian yang berdampak menimbulkan keributan di tengah masyarakat menjelang Pemilu 2019.

“Silakan mencari simpatik dan dukungan pada masyarakat dengan bermartabat agar kondisi wilayah tetap aman, damai, dan sejuk. Pada Pemilu 2019, polisi akan menerjunkan 2/3 kekuatan dalam pengamanan Pemilu,” pungkasnya. (fel)

Facebook Comments