Radar Pendidikan

Muharram, Tanamkan Rasa Saling Berbagi

MI Salafiyah Silirejo

BERSIAP – Para siswa MI Salafiyah Silirejo tengah bersiap melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, Ahad (17/09).
EKA ISDITYA

TIRTO – Menjadi salah satu agenda tahunan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Silirejo Kecamatan Tirto untuk menyelenggarakan kegiatan Santunan Anak Yatim setiap tanggal 10 Muharram yang kali ini jatuh pada hari Kamis, 20 September 2018.

Dituturkan Kepala MI Salafiyah Silirejo, Heri Wibowo SPdI, pihaknya telah lama menggelar kegiatan rutin Santunan Anak Yatim yakni sejak tahun 2009. “Alhamdulillah sejak tahun 2009 kegiatan telah rutin dijalankan. Sebagai sasarannya adalah anak-anak MI Silirejo yang merupakan anak yatim atau yatim piatu,” tuturnya.

Namun ada hal yang menarik dalam kegiatan tersebut, santunan yang diberikan kepada para siswa adalah murni berasal dari para siswa dan guru. “Kami memang ingin menanamkan rasa saling berbagi sejak dini, terutama kepada anak-anak. Jadi kami anjurkan kepada anak-anak untuk menyisihkan uang jajan setiap harinya untuk kemudian dikumpulkan guna acara ini,” imbuh pria yang kini bertempat tinggal di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto ini.

Diungkapkan, berbagi di bulan Muharram, selain memiliki fadhilah yang sangat baik, juga dimaksudkan agar para siswa memiliki rasa kekeluargaan dan tak segan untuk berbagi kepada orang yang berhak menerima. “Jadi kegiatannya memang kami langsungkan secara internal madrasah. Demikian pula untuk santunannya juga dari para guru dan siswa sendiri,” ujarnya.

Dengan rutin menyelenggarakan program yang bersifat positif ini, pihaknya berharap agar para siswa MI Salafiyah Silirejo dapat memaknai fadhilah bulan Muharram serta mampu melekat menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. (yak)

Facebook Comments