Metro Pekalongan

Duh, Pelanggaran Fungsi Trotoar Masih Marak

Pelanggar Fungsi Trotoar

PENERTIBAN – Petugas gabungan dari kepolisian, Dishub, dan Satpol PP Kota Pekalongan menertibkan kendaraan yang diparkir di atas trotoar maupun PK5 yang menggelar lapak dagangannya di atas trotoar di kawasan tertib lalu lintas, Jumat (21/9) sore.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Pelanggaran terhadap fungsi trotoar di Kota Pekalongan, khususnya di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL), ternyata masih marak. Hal ini salah satunya dibuktikan dari hasil operasi penertiban pada Jumat (21/9) sore.

Pada operasi yang melibatkan personel gabungan dari Satlantas Polres Pekalongan Kota, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kota Pekalongan itu mendapati sejumlah trotoar di ruas Jalan Hayamwuruk, Jalan Hasanudin, hingga Jalan Sultan Agung masih dipakai untuk parkir sepeda motor.

Selain itu, di beberapa titik trotoar juga dipakai untuk berjualan. Sejumlah pedagang kaki lima memanfaatkan ruang kosong di trotoar itu untuk menggelar lapak dagangannya.

Hal inilah yang menjadi perhatian instansi terkait. Unit Dikyasa Satlantas Polres Pekalongan Kota, bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP setempat pada Jumat sore (21/9) kemarin mengambil tindakan.

Sepeda motor yang diparkir di atas trotoar itu ditertibkan supaya tidak mengganggu hak pejalan kaki. Pun demikian dilakukan terhadap beberapa lapak pedagang kaki lima. Petugas masih memberikan tindakan berupa teguran kepada pemilik kendaraan maupun pedagang dimaksud.

“Sementara kita masih memberikan tindakan yang sifatnya teguran. Kita ingatkan dengan cara-cara simpatik, diimbau kepada mereka untuk tidak memarkir kendaraannya di atas trotoar. Kalau mau parkir, parkirlah di tempat yang sudah dikhususkan untuk tempat parkir,” kata Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Firdaus Yudhatama, melalui Kanit Dikyasa Ipda Budi Winarso, kemarin.

Dia menambahkan bahwa kegiatan penertiban itu dalam rangka revitalisasi KTL (Kawasan Tertib Lalu Lintas) agar senantiasa tertib, teratur, dan tidak semrawut. “Kegiatan seperti ini rutin kita laksanakan bersama stakeholder atau instansi terkait. Ke depan akan kita agendakan terus,” imbuh dia. (way)

Facebook Comments