Politik

Jokowi-Ma’ruf Amin Dapat Nomor 1, Prabowo-Sandi Nomor 2

Pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat nomor urut 1. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

JAKARTA – Kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengambil undian nomor urut untuk Pilpres 2019. Hasilnya, capres petahana Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendapat nomor 1 dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor 2.

Mulanya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mempersilakan Ma’ruf Amin dan Sandiaga maju ke depan untuk mengambil nomor yang akan menentukan urutan. Masing-masing mendapat nomor 10 dan nomor 1.

Kemudian, kedua capres mengambil nomor urut sesuai dengan hasil tersebut. Prabowo mengambil terlebih dahulu tabung yang berisi nomor urut, lalu diikuti dengan Jokowi.

Uniknya, sebelum Jokowi mengambil tabung tersebut, dia mempersilakan Ma’ruf Amin untuk memimpin doa. Lantas Ketua Majelis Ulama Indonesia (nonaktif) itu menengadahkan tangan dan mulai berdoa.

Tak lama kemudian, Sandiaga ikut menengadahkan tangan, kemudian juga diikuti Prabowo dan Jokowi. Keempatnya pun terlihat berdoa dengan khidmat.

Sesi pembukaan tabung pun dimulai, Arief kembali mempersilakan Jokowi dan Prabowo membuka secara bersamaan. Setelah mengetahui nomor urut masing-masing, mereka pun berpose dengan tangan membentuk angka 1 dan 2.

“Dengan ini memutuskan, menetapkan, pasangan calon nomor urut Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin nomor 1 dan Prabowo-Sandi nomor 2,” ujar Arief disambut riuh tepuk tangan hadirin di gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (21/9) malam.

Penetapan nomor urut ini dituangkan dalam Keputusan KPU RI 1142/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, tanggal 21 September 2018. (jawapos)

Facebook Comments