Radar Batang

Akses Jalan Desa Jadi Sempit, Puluhan Warga Geruduk Balai Desa Kalibeluk

M Thufail Dhia
MEDIASI – Perwakilan warga menggelar mediasi dengan pihak PT Waskita dan juga jajaran muspika Warungasem.

*Gelar Mediasi dengan PT Waskita
Batang – Puluhan warga Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Jumat (21/9) siang menggeruduk balai desa setempat. Kedatangan mereka guna mengikuti mediasi dengan pihak PT Waskita Karya, terkait akses jalan desa.

Warga merasa tidak puas dengan pihak Waskita Karya yang melakukan pembangunan Exit Tol Kalibeluk yang pengerjaannya semakin membuat akses jalan desa semakin menyempit. Terutama dipertigaan PT Dirgantara, sehingga membahayakan pengguna jalan yang melaluinya. Padahal jalan tersebut merupakan akses satu-satunya jalur keluar masuk menuju Desa Kalibeluk ke Batang maupun Kota Pekalongan.

Sebelum mediasi, pada Kamis (20/9) malam, puluhan warga sempat telah menggelar aksi dengan merobohkan pagar PT Dirgantara yang letaknya disamping arah exit tol Kalibeluk. Pagar tersebut oleh warga digeser, dengan harapan jalan desa bisa dilebarkan.

Namun warga merasa sangat kecewa. Pasalnya, pihak Waskita ternyata tidak ada yang hadir. Puluhan warga tersebut akhirnua mendapat arahan dari anggota Koramil Warungasem Sertu Yugo dan Serda Sugianto supaya bubar. Dan setelah mendapat janji bahwa nantinya akan digelar mediasi, akhirnya puluhan warga tersebut bersedia membubarkan diri.

Dan mediasi yang digelar Jumat siang dihadiri oleh Camat Warungasem Wilopo, Danramil Kapten inf Hari Santoso, Kapolsek Akp Akhmad Al Munasifi, Kades Kalibeluk Maskuri, Humas Waskita M.Huda dan beberapa perwakilan warga yg ikut masuk.

Pada mediasi tersebut, Danramil Warungasem Kapten inf Hari Santoso memberi wejanban tentang pentingnya sikap legowo, karena pada intinya pembangunan jalan tol ini merupakan proyek nasional untuk keperluan rakyat yang lebih besar. Namun demikian pihak Waskita juga harus memperhatikan hal-hal yang menjadi kepentingan warga sekitar.

Setelah melalui mediasi, akhirnya warga dengan pihak PT Waskita mencapai kesepakatan. Antara lain, akan dilakukan pelebaran jalan di pertigaan PT Dirgantara, pengurukan bibir jalan pinggir arah Exit tol Kalibeluk. Selain itu, juga akan dilakukan pemendekaan pagar jalan serta pemindahan tiang listrik yang ada dipertigaan jalan.

Setelah adanya kepastian jika tuntutannya dipenuhi, akhirnya puluhan warga membubarkan diri dengan tertib. (fel)

 

Facebook Comments