Radar Kajen

Catat Ini, Masyarakat Diminta Manfaatkan Hak Pilih

Mudasir

Mudasir

KAJEN – Masyarakat Kabupaten Pekalongan diminta untuk memanfaatkan hak pilihnya dalam Pesta Demokrasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pileg – Pilpres) 2019. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Mudasir ketika di Kantornya, Kamis (20/9).

Menurutnya, jelang Pileg Pilpres 2019 masih ada masyarakat yang sampai saat ini belum merekam atau memiliki KTP Elektronik. Padahal untuk bisa menggunakan hak pilih, yang bersangkutan harus berEKTP. Untuk itu, KPU juga terus mendorong kepada Pemkab untuk segera menyelesaikan potensi pemilih agar bisa menggunakan hak pilihnya.
Karena kategorinya jelas yaitu pemilih harus terdaftar, dan yang bersangkutan ketika menggunakan hak pilihnya harus membawa KTP Elektronik.

“Untuk itu kita bersama sama semua pihak bahu membahu karena yang kita minta adalah mendaftar di KTP Elektronik. Kita juga terus mendorong semua pihak agar terus berpartisipasi, sehingga hak pilihnya tidak hilang. Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama sama mensukseskan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 mendatang. Dengan cara masyarakat yang belum memiliki E-KTP untuk segera melakukan perekaman,” pintanya.

Diutarakan, sampai saat ini masih DPT yang bisa berubah karena hasil masukan dari Bawaslu. Untuk sampai saat ini lanjut dia, DPT hasil perbaikan per 13 september 2018 yaitu Laki- laki 361.086, sedangkan Perempuan 355.554, jadi untuk total yaitu 716.640. pemilih.

Sementara hasil pemerintah meng-EKTPkan masyarakat yang belum ber-EKTP maka dipastikan daftar pemilih bisa bertambah. Namundemikian, data tersebut akan dimasukan ke Daftar Pemilih Khusus.

“Jadi daftar pemilih khusus itu mengakomodir pemilih pemilih yang belum masuk dalam daftar penetapan,” imbuhnya. (yon)

Facebook Comments