Radar Kajen

Jembatan Kalikeruh Akan Dibangun 2019, Pemkab Upayakan Jembatan Darurat

Jembatan Kalikeruh, Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, ambruk 15 Februari 2018 lalu. Bagaimana kondisinya? M Hadiyan, Kajen

Jembatan Kalikeruh Akan Dibangun 2019, Pemkab Upayakan Jembatan Darurat

PERBAIKAN JEMBATAN – Perbaikan Jembatan Kalikeruh, Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, direncakan dilaksankan tahun 2019 melalui bantuan Pemprov Jateng.
MUHAMMAD HADIYAN

ADA kabar baik untuk Jembatan Kalikeruh, Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan yang ambruk sejak 15 Februari 2018 lalu. Rencananya, jembatan tersebut akan segera ditangani pemerintah provinsi. Rencananya, jembatan sepanjang 30 meter penghubung dua kabupaten, Pekalongan-Pemalang ini, akan segera diperbaiki pada 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi saat ditemui Radar Pekalongan, kemarin. Menurutnya, hasil koordinasi dengan pemerintah provinsi, disebutkan bahwa, pembangunan jembatan Kalikeruh yang ambruk itu akan ditangani oleh pemprov pada anggaran tahun 2019.

“Namun, untuk penanganan darurat, kita sudah mengusahakan agar ada jembatan bailey (darurat). Kita sudah mengirim surat permohonan ke Kodam Diponegoro dan kita sudah survei kemarin, untuk menindaklanjuti hal ini,” kata Bupati.

Selain jembatan Kalikeruh, kondisi Jembatan Kaligenting Kandangserang, yang strukturnya sudah mulai rapuh, membuat jembatan tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan berat. Sehingga, hal ini mengganggu keberlangsungan pembangunan infrastruktur di wilayah setempat.

“Di Jembatan Kaligenting, strukturnya sudah tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan material, ini cukup berimbas pada pembangunan. Karena suplai material jadi terganggu,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya sudah menyiapkan program jembatan tersebut secepatnya melalui program luncuran. Program ini khusus untuk pembangunan infrastruktur daerah atas.

“Jika program-program 2018 ini sudah terlaksana, maka hampir 75 persen jalan se kabupaten sudah dalam kondisi baik. Mungkin sampai 80 persen angkanya,” ungkap Asip.

Sementara, seperti diketahui, Jembatan Kalikeruh yang terletak di antara Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, dan Desa Medayu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, putus. Peristiwa terjadi Kamis, 15 Februari 2018, sekitar pukul 15.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun akses antardua kabupaten untuk wilayah selatan atau pegunungan terputus total.

Diketahui, dari badan jembatan sepanjang 30 meter itu sekitar 20 meter hilang tergerus aliran Sungai Kali Keruh. Akibatnya, hingga saat ini akses penghubung dua kabupaten ini terhambat. Kondisi ini cukup mengganggu aktivitas ekonomi masyarakat setempat. (yan)

Penulis: Muhammad Hadiyan | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments