Radar Kajen

Amankan Pemilu, Ribuan Personil Diterjunkan

Mantap Brata

GELAR PASUKAN – Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan melakukan cek Pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata di Halaman Mapolres, Rabu (19/9).
TRIYONO

KAJEN – Untuk mengamankan Pesta Demokrasi serentak Pemilihan Legislatif dan Presiden (Pileg-Pilpres), ribuan personil dikerahkan. Polres Pekalongan melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 di Mapolres Pekalongan, Rabu (19/9).

Dalam apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan. Hadir dalam apel gelar pasukan unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan, KPU Kabupaten Pekalongan, Bawaslu Kabupaten Pekalongan. Peserta apel masing-masing terdiri dari 1 Pleton dari Kodim 0710 Pekalongan, Brimob Detasemen B Kalibanger Pekalongan, Dalmas Polres Pekalongan, Sat Lantas Polres Pekalongan, Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Pekalongan, Dishub, Sat Pol PP dan Linmas Kabupaten Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan menyampaikan amanat Kapolri Jendral Prof H Muhammad Tito Karnavian menegaskan bahwa Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karateristik yang khas. Karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen threshold sebesar 4 persen. Kondisi ini menuntut adanya upaya maksimal masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat.

“Operasi mantap Brata 2018 sendiri dilaksanakan selama 397 hari terhitung dimulai tanggal 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil Polri dan dibantu unsur TNI beserta Stakeholders terkait lainnya,” kata dia.

Dijelaskan, di Kabupaten Pekalongan sendiri Pilkada 2018 berlangsung aman. Demikian juga untuk Pilpres dan Pileg 2019 mengharapkan situasi wilayah hukum Kabupaten Pekalongan berjalan aman dan lancar.

Untuk pengamanan dalam setiap pentahapan Pilpres dan Pileg 2019 Polres Pekalongan akan mengerahkan 50 personil sedangkan untuk pengamanan hari pencobloson akan mengerahkan kurang lebih 450 personil. Namun ini bisa berubah tergantung situasi kerawanan yang akan terjadi nanti.

“Saya mengharapkan warga kabupaten Pekalongan ikut serta menjaga dan mendukung langkah-langkah TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengamankan wilayah Kabupaten Pekalongan,”jelas AKBP Wawan Kurniawan.

Adapun setelah Apel gelar pasukan selesai dilanjutkan dengan pemeriksaan ranmor dinas dan alutsista pendukung dalam operasi mantap Brata Candi oleh Kapolres Pekalongan dengan unsur Forkopimda. Diakhir rangkaian acara dilaksanakan ikrar Komitmen netralitas TNI-Polri dan ASN pada pemilu Presiden dan legeslatif tahun 2019. (yon)

Facebook Comments