Radar Bisnis

Kembangkan Kurikulum XL Future Leaders

XL Axiata Youth Leadership Camp 2018

XYLCJOGJA – (Kiri-kanan) Head Sustainability & Comm Service, Andy Satrio Yuddo, Kepala Balai Tekkomdik Dinas Dikpora Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dra. Isti Triasiah dan GM Finance and Management Service XL Axiata Central Region, Taufik Hidayat bersama siswa dan siswi peserta XL Axiata Youth Leadership Camp di Yogyakarta Jumat (14/9).

XL Axiata Youth Leadership Camp 2018

Setelah sukses menggelar program XL Axiata Youth Leadership Camp, sebuah program pelatihan kepemimpinan untuk pelajar SMA/SMK di beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Medan, dan Makassar, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menggelar program yang sama di Yogyakarta, Jumat (14/9) dengan diikuti oleh 110 siswa dari sekitar 80 sekolah setingkat SMA/SMK dari berbagai daerah Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs Gatot Bambang Hastowo MPd dan GM Finance and Management Service XL Axiata Central Region, Taufik Hidayat membuka kegiatan tersebut di Kaliurang, Yogyakarta.

Taufik Hidayat mengatakan, “Setelah 6 tahun menyelenggarakan program XL Future Leaders untuk jenjang mahasiswa, kami melihat secara jelas besarnya manfaat program ini bagi para peserta dan alumninya. Kami ingin kurikulum XL Future Leaders bisa terus disebarkan lebih luas lagi agar semakin banyak anak-anak kita yang memiliki keahlian lebih yang diajarkan di program ini. Karena itu, kami tak ragu untuk mengembangkan program ini ke siswa SMA/SMK. Syukur alhamdulllah, niat ini mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mendapatkan respon yang sangat baik dari kalangan pelajar.”

Xl AxiataTaufik melanjutkan, untuk menuju era informasi, ada banyak kompetensi yang harus dimiliki oleh generasi muda. Selain hard skills yang sudah banyak diajarkan di sekolah, mereka memerlukan juga soft skills yang belum banyak diajarkan sekolah formal. Soft skills ini juga sangat mereka butuhkan, terutama dalam melakukan interaksi sosial pada umumnya. World Economic Forum merumuskan 10 kemampuan yang penting dimiliki oleh semua orang, dan semuanya adalah soft skills yang dimaksud, yaitu antara lain kemampuan berupa kreativitas, penyelesaian persoalan, berpikir kritis, berkolaborasi dan berkoordinasi, berkomunikasi, cerdas mengelola emosi, dan memiliki kemampuan kognitif yang baik.

Tujuan besar XL Axiata menyelenggarakan program XL Future Leaders dan XYLC ini tidak terlepas dari keinginan mendorong lahirnya generasi muda unggul berkarakter Indonesia yang di masa mendatang akan bisa meneruskan kepemimpinan di berbagai bidang. XL Axiata berharap para alumni juga akan bisa ikut mengangkat tinggi nama Indonesia di kancal internasional melalui berbagai prestasi. XYLC akan diselenggarakan dengan durasi 2 hari 1 malam, dengan kurikulum yang meliputi Critical and Creative Thinking (Kreatif dalam Perbedaan), Communications (Bicara Tepat dan Hebat), Problem Solving (Jago bikin Program), Collaborating & Digital Team Work, Improve Leadership Games dan Inspiring Social Media.

Dengan mengikuti program ini, XL Axiata berharap para peserta akan mendapatkan manfaat berupa, peningkatan kemampuan komunikasi yang efektif, terbentuk cara berpikir kritis dan kreatif dengan cara yang lebih praktis dan sistematis, terlatih kemampuan problem solving dan agility, serta tertanam kemampuan untuk menjadi adaptive dan collaborative. Selain itu, peserta juga akan bisa dapat mengenal dan membiasakan penggunaan teknologi digital untuk efektitas kerja tim. Secara teknis, para peserta pun akan mendapatkan mentoring secara berkelanjutan dari para mahasiswa peserta XL Future Leaders, dan tentunya akan mendapatkan sertifikat dari XL Axiata.

Selanjutnya setelah Jakarta, tahun 2018 ini, program XYLC akan ada diselenggarakan di 5 kota lain di bulan Juli-September, yaitu Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Calon peserta masih bisa mendaftar untuk mengikuti program yang berlangsung di 5 kota tersebut. XYLC juga terbuka untuk sekolah-sekolah dari kota atau kabupaten terdekat dengan lokasi XYLC.
Karena kuota peserta yang terbatas hanya 100 peserta per lokasi, maka panitia memprioritaskan peserta yang menjadi pengurus organisasi siswa di sekolah (OSIS, MPK, Pramuka, dll), diharapkan program ini selanjutkan akan diteruskan ke siswa lain di setiap sekolah yang mengirimkan siswanya,. Siswa yang bisa mengikuti program ini adalah siswa kelas X hingga XII. Untuk itu setiap peserta harus disertai dengan surat pengantar dari sekolahnya dan mendapatjkan izin dari orang tua masing-masing. (adv)

Facebook Comments