Radar Batang

Kata Anggota Dewan Ini, Batang Butuh Kawasan Wisata Ikonik

Komisi C DPRD Batang, Taufik Ikhsanudin SPt

Komisi C DPRD Batang, Taufik Ikhsanudin SPt

BATANG – Keseriusan Pemkab Batang mendongkrak sektor pariwisata memang patut didukung semua pihak. Hanya saja, dibutuhkan roadmap yang jelas agar skala prioritas pembangunannya bisa lebih efektif.

“Kan tidak semua tempat potensi wisata bisa digarap semua, tentu harus dipilah dan dipilih sesuai signifikiansinya maupun kemampuan anggaran. Itu sebabnya, penting untuk agar semuanya itu berpijak pada roadmap dan skala prioritas yang lebih jelas. Kami sangat mendukung upaya mendongkrak sektor pariwisata,” terang anggota Komisi C DPRD Batang, Taufik Ikhsanudin SPt, saat dihubungi via ponsel, Jumat (14/9) petang.

Oleh sebab tidak setiap tempat potensi wisata bisa dikembangkan, lanjut dia, maka skala prioritas pembangunannya menjadi penting. Selain itu, dalam upaya merealisasikan tagline Heaven of Ais, Visit Batang 2022, Taufik menilai Pemkab perlu membangun sebuah kawasan yang menjadi ikon ataupun prototype dari visi pariwisata.

“Misalkan rencana pengembangan Super Block yang di situ ada mall, bioskop, wisata kuliner, sport centre itu kan ikonik. Apalagi, sebagai pendukung, kawasan ruas Jalan Sutomo juga rencananya akan disulap menjadi seperti Marioboro, ini menarik dan bisa menjadi ikon baru. Kami tentu sangat mendukungnya,” jelas politisi PKS itu.

Selain itu, untuk memberikan sentuhan wilayah selatan, pengembangan kawasan juga bisa direalisasikan dengan membangun kawasan wisata agro yang menyediakan fasilitas penginapan, wisata kuliner, hamparan perkebunan teh misalnya, hingga curugnya. “Itu akan menarik dan bisa menjadi pilihan peristirahatan bagi wisatawan yang butuh kesejukan. Atau kawasan pantai juga bisa dikembangkan di sepanjang jalan Sigandu-Ujungnegoro. Sejauh ini, Bupati juga sudah menyampaikan wacana terkait penataan kawasan-kawasan wisata tersebut, jadi tinggal skala prioritas dan realisasinya,” ucap Taufik. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin

Facebook Comments