Radar Kendal

Pantai Sendang Asih Tawarkan View Sunset yang Menawan

Pantai Sendang Asih Tawarkan View Sunset yang Menawan

PEMANDANGAN – Salah satu spot pemandangan di Pantai sendang asih yang ciamik saat sunset, cocok untuk foto siluet.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Pantai Sendang Asih yang terletak di Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari ternyata menyimpan keindahan alam yang menawan dengan suasana berkesan alami. Di mana pantai tersebut menyajikan pesona alam berupa hamparan pasir pantai, rimbunnya pohon cemara dan hijaunya persawahan.

Untuk menjaga kealamian pantai tersebut, pengelola sengaja tidak mendirikan satupun bangunan permanen. Kalaupun ada bangunan hanya menggunakan kayu.
Pengelola setempat, Kardiyantomo SE, mengatakan bahwa Pantai Sendang Asih dapat dikatakan sebagai pantai terbaik di Jawa Tengah lantaran masih alami. Selain itu, kalau umumnya akses menuju sebuah pantai pasti akan disajikan hamparan tambak dan bau ikan yang mengurangi kenyamanan, namun di pantai tersebut hijaunya sawah justru yang tersaji dan itulah yang menambah kealamian Pantai Sendang Asih.

“Hijaunya sawah akan langsung menyambut para pengunjung pantai, tidak ada bau ikan asin, tidak ada tambak, bahkan angin yang berhembus pun terasa sepoi-sepoi. Kami sengaja tetap menjaga kealamian pantai ini dengan tidak mendirikan bangunan permanen, tidak ada orang jualan supaya pantai tetap bersih dari sampah,” ungkapnya.

Kalau pengunjung beruntung, saat sore hari dapat menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) yang sangat cantik dan menawan. Bahkan, saat pagi ribuan burung berterbangan di atas pantai yang membuat pemandangan berbeda. kata Kardi, beberapa spesies burung masih banyak dijumpai di pantai Sendang Asih.

“Jika cuaca mendukung banyak pengunjung yang datang menikmati pemandangan matahari terbenam. Bahkan, di pantai ini masih banyak sekali spesies burung lautnya,” imbuhnya.

Sayangnya, akses jalan masuk ke pantai tersebut tidak seimbang dengan keindahan yang ditawarkan Pantai Sendang Asih, sudah sejak lama jalan menuju pantai rusak, bahkan belum tersentuh aspal. Tidak heran karena sebenarnya itu jalan bagi para petani, namun masih dapat dilalui kendaraan roda dua atau roda empat.

“Kami sangat menyadari bahwa kekurangan Pantai Sendang Asih pada akses jalannya yang tidak bagus. Banyak pengunjung yang mengeluh, namun setelah sampai di pantai rasa jengkel terbayarkan dengan keindahan pantai,” jelasnya.

Meskipun, sebenarnya jalan menuju pantai dari jalan raya Desa Sendang Sikucing tidaklah jauh, hanya sekitar 500 meter. Artinya, jika jalan tidak layak itu bukan halangan bagi penunjung untuk menikmati keindahan Pantai Sendang Asih. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments