Radar Pendidikan

SMK Ini Gelar Pilketos dengan Cara Online

Wisata Batang Pandansari

ARUNG JERAM – Bupati Wihaji bersama Wabup Suyono dan sejumlah pejabat Pemkab Batang saat menjajal wahana river tubing di salah satu obyek wisata.

SMK Ini Gelar Pilketos dengan Cara Online

ONLINE – SMKN 1 Warungasem kini melakukan sistem pemilihan ketua OSIS secara online, Jumat (14/9).
NOVIA ROCHMAWATI

WARUNGASEM – SMKN 1 Warungasem membuat terobosan baru untuk sistem kemajuan teknologi. Setelah alat pompa air hemat listrik yang pernah dibuat oleh anak Karya Ilmiah Remaja, yang mendapat juara 2 lomba inovasi se Kabupaten Batang. Kini SMKN 1 Warungasem membuat terobosan baru Pemilihan Umum Ketua Osis (Pilketos) menggunakan sistem Online, tidak lagi melalui metode pencoblosan.

Ide adanya Pemilu Online ini dicetuskan oleh Waka Kesiswaan Yudha Priono SPd. Pilketos online ini dirasa lebih efisien. Selain efisien dalam waktu juga efisien dalam mengurangi penggunaan kertas.

“Jadi adanya pemilihan umum menggunakan sistem online ini berawal dari pemilihan lewat pencoblosan yang kurang efisien dan memerlukan waktu yang cukup lama mungkin cara ini yang tepat juga untuk dapat menghemat logistik”.

Yudha berharap ini akan menjadi gambaran untuk pemilu nasional yang akan bergulir tahun depan.
“Semoga ini bisa juga menjadi acuan kedepan agar pemilu nasional bisa seperti ini seperti negara maju selain efisien juga akan menghemat anggaran pemerintah,” tandas Yudha.

Ketua panitia pemilu online Bastian, menjelaskan sistem yang digunakan untuk pemilihan online ini cukup mudah dengan menggunakan nomer induk siswa. Dan hanya dengan mengklik pasangan pilihannya maka suaranya akan segera disalurkan ke pasangan tersebut.

“Jadi untuk sistem pemilu online ini cukup anak memasukan nomor induk siswa sebagai username dan tanggal lahir nya sebagai password lalu peserta akan memilih siapa yang akan mereka pilih dan hasilnya akan masuk data base yang akan langsung diketahui hasilnya,” ujarnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati

Facebook Comments