Radar Kendal

Duh, Anggaran Dinsos Minim Bantuan Bencana Tidak Bisa Maksimal

Ilustrasi bantuan. (kanalindonesia)

KENDAL – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kendal mengakui minimnya anggaran yang dikelola instansinya, sehingga upaya mereka membantu warga terdampak bencana pun tidak bisa maksimal. Seperti saat terjadi kebakaran di Dusun Ngrau, Desa Tunggul, Kecamatan Brangsong, pada Rabu (12/9) lalu, Dinsos hanya bisa membantu alakadarnya.

Bayangkan saja untuk anggaran yang ada di Dinas Sosial hanya Rp 200 juta untuk tahun 2018 dan saat ini sudah terpakai sebanyak Rp 125 jutaan. Padahal, mereka adalah leading sector dalam penanganan paska bencana.

Sekertaris Dinsos Kabupaten Kendal, Alfebian Yolando, mengatakan bahwa kebakaran kemarin yang terjadi pihaknya langsung tanggap dan menurunkan bantuan berupak beras, mie instan, dan lainnya. “Meskipun dana di kami sangat minim, tetap kami maksimalkan agar para korban yang mengalami bencana dapat terbantu,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap bahwa tahun depan akan ada peningkatan anggaran, sehingga dana bantuan untuk para korban bencana dapat maksimal. Karena jika ada bencana kerugian materil pasti sangat banyak dan para korban tidak cukup dibantu satu kali saja. “Harapan kami, tahun depan ada peningkatan anggaran sehingga bantuan yang akan kami berikan dapat maksimal,” ujar Alfebian.

Apalagi seperti akhir-akhir ini yang sering terjadi bencana kebakaran. Belum lagi nanti menyusul musim penghujan yang rawan banjir dan longsor. “Kita semua tidak berharap ada bencana namun harus tetap waspada,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments