Radar Kendal

Menurut Ketua Kadin, Dolar Naik Ada Sisi Menguntungkannya Juga

Ketua Kadin Kendal, Drs H Cahyanto MA

Ketua Kadin Kendal, Drs H Cahyanto MA

KENDAL – Melemahnya rupiah yang hampir menyentuh nilai Rp 15.000/USD ternyata tidak semata-mata mengakibatkan dampak negatif saja, namun ada peluang yang luar biasa yang bisa diambil.

Ketua Kadin Kendal, Drs H Cahyanto MA, mengatakan bahwa sesungguhnya melemahnya rupiah terdepresiasi sehingga tren rupiah melemah itu terkoneksi dengan krisis di negara-negara Eropa yang sedang terjadi melanda di Turki.

“Dampak dari menurunnya nilai tukar rupiah ini, sesungguhnya justru akan membuka peluang expor bagi produk-produk Indonesia keluar negeri.Ini menguntung bagi exportir, dan pemerintah harus mampu mendorong itu dengan memberikan segala kemudahan expor,” ungkapnya.

Namun menurut Cahyanto, di sisi lain ada pula dampak negatifnya, yakni jika berlangsung terus akan memacu kenaikan inflasi. Tetapi Sepanjang Bank Indonesia (BI) dapat mengantisipasi dengan terobosan regulasi keuangan dan Kementrian perdagangan pandai mengatur ritme, serta pemerintah tenang menumpuk devisa, maka Indonesia akan jadi negara yang hebat.

Bahkan, seperti banyak diprediksi oleh para pengamat ekonomi, di tahun 2032 Indonesia akan menjadi negara pemimpin di kawasan Asia bersama China yang juga menjadi raksasa ekonomi menyalib AS.

“Tinggal bagaimana kerja pemerintah saat ini. Jika bisa mengatur, maka Indonesia akan jaya. Oleh karenanya, masyarakat harus tenang dan bersabar jangan ketakutan dolar naik. Inovasi dan kreasi bagaimana menyikapi hal ini,” pungkasnya.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments