Radar Pendidikan

Jemput Bola, Siswa Rekam E-KTP di Sekolah

Jemput Bola, Siswa Rekam E-KTP di Sekolah

MEREKAM – Siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni merekam E-KTP di sekolah, Senin (10/9).
FAKHRUN NISA

*SMK Muhammadiyah Kedungwuni

KEDUNGWUNI – Sebagian siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni yang telah memenuhi syarat mengikuti proses perekaman E-KTP, Senin (10/9). Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pekalongan.

Kepala Sekolah Bambang Sungkowo melalui Wakil Kepala Bidang Humas dan Hubin Moch Galih, menuturkan sistem jemput bola yang diadakan oleh Dinas Dukcapil mempermudah siswa dalam merekam E-KTP. Menurutnya, siswa tidak harus izin sekolah untuk bisa pergi merekam E-KTP.

“Kegiatan ini sebagai langkah yang mempermudah siswa untuk mendapatkan KTP elektronik. Mereka tidak harus izin sekolah untuk mengurus ke Dukcapil Kabupaten Pekalongan, karena bisa dilakukan di sekolah,” ujar Galih, sapaan akrabnya.

Disebutkan, syarat yang harus dipersiapkan oleh siswa dalam mengikuti proses perekaman E-KTP cukup mudah, yakni dengan membawa Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku. Kemudian, siswa bisa langsung mengikuti sesi pemotretan dan perekaman sidik jari.

Sekitar 38 siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni mengikuti kegiatan perekaman E-KTP tersebut. Seluruh siswa yang ikut kegiatan tersebut adalah siswa kelas X dan XII. Sementara siswa kelas XI tidak bisa mengikuti kegiatan perekaman E-KTP karena sedang melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin).

“Dengan kerjasama ini diharapkan anak-anak yang sudah berusia 17 tahun bisa mempunyai E-KTP. Dengan kemudahan seperti ini, mereka tidak perlu bingung untuk mengurus identitas pribadi yang sangat penting, yang sangat berguna dalam keseharian dan untuk mengurus hal-hal lain,” tandas Galih. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments