Radar Kajen

Rapat Diwakilkan, DPRD Geram

Rapat Diwakilkan, DPRD Geram

GERAM – Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan geram lantaran saat rapat terbuka Kepala Dinas selalu diwakilkan.
TRIYONO

Lantaran dalam rapat terbuka Kepala Dinas kerap diwakilkan, Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan naik pitam. Sebab dalam rapat terbuka yang hadir hanya Kepala Bidang atau Kepala Seksi sehingga tidak bisa mengambil keputusan.

Hal itu dilontarkan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan, Kholis Jazuli, dalam audiensi bersama Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata ( Dinporapar) Kabupaten Pekalongan di ruang rapat Komisi, kemarin.

Ditegaskan, dalam kunjungan kerja ke dinas dinas ada beberapa kepala dinas yang menjadi catatan. Sebab selama kunjungan sebagai kepala dinas yang bersangkutan selalu diwakilkan.

“Di setiap kami kunjungan atau kami undang rapat kenapa tidak kepala dinas yang hadir, akantetapi selalu diwakilkan Kabid bahkan Kapala Seksi. Sehingga kita tidak bisa berbuat apa karena yang hadir bukan pemangku kebijakan,” terangnya.

Dicontohkan, seperti kunjungan di Dinas Kesehatan yang waktu diwakilkan. Namun ketika yang bersangkutan ditanya tidak tahu apa apa, bahkan jawaban salah semua, sehingga mencerminkan bahwa dinas terlalu meremehkan DPRD Kabupaten Pekalongan.

“Ya…meskipun tak bisa hadir namun yang mewakili minimal Sekretaris Dinas sehingga mengetahui permasalahan. Karena kalau bukan Kepala Dinas saya bisa menebak jawabanya, yang intinya akan disampaikan ke atasan,” katanya.

Padahal, lanjut dia, ketika yang hadir dalam rapat merupakan pemangku kebijakan maka sebagai wakil rakyat bisa mencarikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Baik itu terkait anggaran atau kebijakan dalam pelayanan masyarakat.

“Seperti di Dinas Pendidikan, kemarin mengenai sertifikasi atau guru honorer maka kita bisa membantu dalam mencarikan solusi bersama Kepala Dinas. Terutama dalam mengalokasikan anggaran bagi wiyata yang belum terdaftar. Kemudian, kita bisa berkaca dari daerah lain yang permasalahanya sama namun ada titik temu,” lanjut politisi PKB itu. (yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments