Radar Batang

Seratusan Pelaku UKM Diberi Motivasi ESQ

M DHIA THUIFAIL
MOTIVASI – Direktur Operasional PT BPI, Shiroki Yamashita memberikan sambutan dan sekaligus membuka pelatihan motivasi ESQ bagi pelaku usaha mikro binaan, di Hotel Dewi Ratih Batang, Rabu (12/9).

BATANG – PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) menyampaikan komitmennya untuk mengembangkan perekonomian masyarakat desa sekitar proyek PLTU Jawa Tengah 2 x 1.000 MW. Rabu (12/9), ratusan pengelola usaha kecil dan menengah yang tergabung dalam binaan PT BPI, diberikan pelatihan motivasi Emotional Spiritual Quotient (ESQ), dengan Trainer ESQ Agus Wiyono dari Semarang.

“Ini wujud komitmen mengenalkan serta menumbuhkembangkan keterampilan para pelaku usaha mikro, guna menghadapi efek penggandaan ekonomi (multiplier economic effect) dari pembangunan PLTU Jawa Tengah 2x 1.000 MW,” kata Direktur Operasional PT BPI, Shiroki Yamashita.

Ia mengatakan, dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan semangat dan motivasi kewirausahaan, serta bisa meningkatkan usaha yang digeluti oleh masyarakat. “kegiatan ini diperuntukan bagi sebagian para pelaku usaha mikro yang telah difasilitasi oleh PT BPI melalui program Perpustakaan Desa (Perpusdes) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB),” ujar Shiroki.

Pelatiahn itu, kata dia, sejalan dengan program Pemkab Batang untuk menciptakan dan mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah. “Sampai saat ini, PT BPI sudah tujuh kali mengadakan training ESQ bagi anggota KUB. Bahkan sejak 2013, PT BPI dalam melaksanakan program CSR bidang pengembangan ekonomi bermitra dengan Lembaga Diklat LDP KJK Bina Mandiri, yang merupakan mitra lokal program CSR BPI dan Disperindagkop & UKM Kabupaten Batang,” terang Shiroki.

Menurutnya, PT BPI memiliki komitmen tinggi untuk mendukung program pengembangan usaha mikro di Kabupaten Batang sejak tahun 2012. Bahkan hingga saat ini sudah terbentuk 165 KUB dengan anggota 2,417 orang, dengan beragam usaha mikro. Bahkan saat ini, UKM yang terlibat dalam program Perpusdes juga menjadi target dukungan program CSR bidang Ekonomi PT BPI.

Kepala Disperindagkop & UKM Kabupaten Batang M Isnanto mengucapkan terima kasih kepada PT BPI yang telah memberikan pelatihan Motivasi ESQ secara rutin kepada para pelaku UMKM. Karena, kelemahan UKM diwilayah Kabupaten Batang adalah motivasi para pengelolanya untuk bisa bersaing dalam bisnis.

“Persoalan yang dihadapi oleh para pelaku UKM saat ini adalah mental, kemampuan dan semangat untuk bisa maju, dan bersaing dalam dunia usahanya. Jangan sampai kesempatan yang diberikan oleh PT BPI tidak dimanfaatkan secara maksimal, karena kesempatan seperti ini, jarang didapatkan secaracuma-Cuma,” tegas Isnanto. (fel)

Facebook Comments