Radar Kajen

Tidak Memenuhi Syarat, 1.317 Pemilih Dihapus dari DPT

Penetapan DPT Kajen

RAPAT – KPU Kabupaten Pekalongan menggelar rapat pleno penetapan DPT hasil perbaikan, di kantor KPU setempat, kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Sebanyak 1.317 pemilih dihapus dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Pekalongan. Data tersebut dihapus karena dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sesuai hasil pencermatan oleh KPU.

Sehingga, DPT yang pada 21 Agustus kemarin ditetapkan sebanyak 717.957 pemilih, berkurang menjadi 717.957 daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT HP).

Penetapan DPT HP telah dilakukan KPU Kabupaten Pekalongan dalam rapat pleno dengan dihadiri komisioner Bawaslu, 14 parpol, Dindukcapil, Kesbangpol, Kodim dan Polres Pekalongan, di Kantor KPU setempat, kemarin (13/9).

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Pekalongan, Herminiastuti Lestari mengatakan, hasil penyempurnaan, telah ditetapkan 716.640 daftar pemilih tetap di Kota Santri.

“Penyempurnaan itu di antaranya penghapusan beberapa data ganda, sesuai hasil verifikasi yang dilakukan KPU,” kata Hermin.

Dijelaskan, sebelum ditetapkan, ada beberapa masukan. Di antaranya, data terindikasi ganda versi parpol sebanyak 42.298 pemilih, yang kemudian telah diverifikasi dan ditinjau di lapangan oleh KPU, ternyata hanya 273 data ganda. Lalu masukan dari Bawaslu terkait data yang terindikasi ganda sebanyak 342 pemilih.

“Kita verifikasi, ternyata yang terbukti ganda ada 161 pemilih. Dari masukan yang telah terverifikasi dan terbukti ganda, kita sudah nyatakan sebagai data TMS. Ada juga beberapa masukan terkait data pemilih yang meninggal dan pindah kependudukan. Semuanya sudah disempurnakan sesuai dengan by name by address di dalam DPT HP,” jelas Hermin.

Proses rapat pleno penetapan DPT HP kemarin, dikatakan, berjalan dengan lancar. Pihak dinas terkait juga siap mendukung syarat keikutsertaan pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP. “Tadi dari Dindukcapil juga mengatakan telah menjalankan program ke sekolah-sekolah untuk perekaman e-KTP bagi siswa yang masuk dalam daftar pemilih pemula dalam Pemilu 2019 mendatang,” tambahnya.

Setelah penetapan DPT HP ini, lanjut Hermin, pihak KPU akan memelihara data pemilih. Pemeliharaan data pemilih ini dilakukan apabila ada perubahan data pasca penetapan, seperti pemilih yang pindah atau meninggalkan dunia di kemudian hari. (yan)

Facebook Comments