Radar Kajen

Pemilik Warung Diingatkan agar Tak Tampung Siswa Membolos

Bolos di Warung

JARING PELAJAR – Petugas Satpol PP Kabupaten Pekalongan menjaring 12 pelajar yang tengah bolos di warung angkringan pada saat jam pelajaran berlangsung, Senin (10/9) pagi.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Satpol PP Kabupaten Pekalongan mengingatkan para pemilik warung agar tidak menampung siswa atau pelajar yang membolos saat jam pelajaran. Pasalnya, dari hasil razia yang dilakukan, ternyata ada pelajar yang membolos dan memilih nongrkong di warung.

Seperti yangh terjadi di sebuah warung angkringan Desa Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Senin (10/9) lalu. Bukannya belajar, dua belas siswa SMA ini malah asyik nongkrong pada saat jam pelajaran, di sebuah warung angkringan. Namun aksi keduabelas siswa ini diketahui oleh Satpol PP atas dasar laporan dari masyarakat yang menindak lanjutinya dengan menggelar razia ke di warung tersebut.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Msyarakat Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pekalongan, Farid Abdul Khakim mengatakan, pihaknya sering mendapatkan laporan dari warga bahwa terdapat warung yang sering dijadikan tempat bolos anak sekolah.

“Atas dasar laporan itu, kami langsung melakukan operasi ke warung tersebut,” kata Farid, di sela-sela proses razia, Senin kemarin.

Razia dilakukan pukul 8 pagi. Hasilnya 12 pelajar berhasil tertangkap. 11 di antaranya laki-laki, dan satu pelajar putri. “Kita dapat 12 pelajar yang bolos di warung tersebut,” lanjut dia.

Kemudian, keduabelas siswa ini dibawa ke kantor Satpol PP untuk diberikan pembinaan. Mereka diwajibkan mengisi surat pernyataan dari petugas Satpol PP untuk tidak mengulangi perbuatannya, yakni bolos sekolah saat jam pelajaran berlangsung.

“Kita suruh mereka mengisi surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, pihak sekolah juga diundang ke kantor untuk turut memberikan pembinaan kepada anak didiknya tersebut.

“Selain memberikan pembinaan kepada para siswa, pihaknya juga mengingatkan kepada pemilik warung agar tidak menampung siswa yang bolos. Bagaimanapun mereka adalah generasi muda penerus bangsa, harus kita ingatkan bersama demi masa depan Indonesia,” tandasnya. (yan)

Facebook Comments