Radar Pendidikan

Beragam Ekskul Tarik Minat Masyarakat

FAKHRUN NISA
BELAJAR – Siswa SD Muhammadiyah Ambokembang belajar dalam salah satu kegiatan eksrakulikuler di sekolah.

KEDUNGWUNI – Untuk meningkatkan prestasi di bidang nonakademik, SD Muhammadiyah Ambokembang mempunyai beberapa kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang rutin digelar sepanjang tahun ajaran. Di antara program ekskul yang telah lama terbentuk adalah drum band, gerakan kepanduan Hizbul Wathan, tapak cuci, seni tari, melukis, dan jarimatika.

Demikian disampaikan oleh Kepala SD Muhammadiyah Ambokembang, Nasokha. Menurutnya, beragam program ekstrakurikuler yang ditawarkan merupakan upaya untuk menarik minat masyarakat agar menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Ambokembang. Terlebih, sekolah ini mengangkat tagline Sekolah Pilihan, yang mana orang tua mempunyai beragam pilihan untuk mengembangkan anaknya sesuai karakteristik masing-masing.

“Kami mengandalkan kegiatan ekstrakurikuler untuk menarik minat masyarakat, selain bidang akademik tentunya. Harapan kami, dengan bersekolah di sini anak-anak bisa berkembang sesuai dengan karakteristik masing-masing,” ujar Nasokha.

Menurut Nashoka, beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dibuka bisa menjadi wadah untuk menggali potensi serta mengeksplor minat dan bakat siswa, sehingga bisa meningkatkan prestasi di bidang nonakademik. Hal tersebut selaras dengan salah satu misi SD Muhammadiyah Ambokembang, yakni mengembangkan semangat keunggulan dalam bidang akademik dan nonakademik.

Selain program ekstrakuriler yang telah lama berjalan, SD Muhammadiyah Ambokembang juga menggelar kegiatan lain untuk menunjang lifeskill siswa secara berkala. Beberapa kegiatan lifeskill yang digelar secara berkala adalah day market dan simulasi tanggap bencana. Pihak sekolah juga berencana membuat program ekskul baru yang berhubungan dengan penanggulangan bencana.

“Kami memberikan kegiatan yang menggali potensi anak dengan kegiatan ekstrakurikuler. Kami juga berencana untuk membentuk kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri dari satu tim yang akan dilatih khusus untuk tanggap bencana. Itu akan kita bina dalam kegiatan ekstra,” tandas Nasokha. (run)

Facebook Comments